Latest News

Cara Menghapus Recycler di Flashdisk

Sahabat, saat kita mengerjakan tugas kantor atau sekolah menggunakan laptop atau PC, kadang kita membutuhkan bantuan teman untuk mengkopi data atau file menggunakan flashdisk. Kita tidak tahu, apakah komputer atau laptop teman kita itu bersih dari virus atau tidak. Pernah suatu kali, saya mengalami hal yang sama. Sampai laptop saya ga bisa ngedetect modem yang saya pasang. Terpaksa laptop saya format ulang. 

Penggunaan flashdisk ini sering menjadi biang lalu lintas virus. Komputer kita sudah disetting bagus dengan anti virus handal, atau yang lain untuk menangkal masuknya virus  ke computer kita. Tapi ketika kita sering berbagi pakai file dengan teman atau computer kantor lalu lintas virus ini sulit di cegah.

Untuk anti virus, sudah banyak sekali variannya. Ada yang buatan IndONEsia, ada yang dari luar. Banyak yang gratis dan banyak juga yang berbayar. Dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing.
Ada yang install cukup satu anti virus ada juga yang lebih.

Karena isu tentang virus yang bisa menyerang computer sehingga semua file bisa hilang bahkan belum lama ada berita tentang virus yang bisa menyerang jaringan computer nuklir di Iran. Beritanya silakan baca di AntaraNews atau OkeZone atau di sini RMOL.

Atau jika Sahabat masih ingat, dulu pada sebelum tahun 2000, ada isu yang sempat menghebohkan dunia yaitu istilah “Millenium Bug” atau “Y2K” (Year Two Kilo = tahun 2000). Gugling aja untuk beritanya.. 

Saking … (hwadoh bahasa opo iki..) berbahayanya virus, maka kita harus berhati-hati, jangan sampai file-file yang bagi kita sangat penting itu rusak atau hilang. Dan saran saya, jika Sahabat punya file sangat penting seperti skripsi atau tugas kantor yang lain, back up file-file itu ke CD. Karena jika suatu saat computer kita rusak, hilang atau kena virus, kita masih bisa menyelamatkannya.

Ok, untuk kali ini saya ingin berbagi trik sederhana tentang menghilangkan atau mengapus virus RECYCLER dan copy of shortcut. Kedua virus ini mungkin tidak begitu berbahaya, tapi cukup membuat risih.

Menghapus RECYCLER menggunakan zip
Ketika kita mengetahui flashdisk kita terkena virus RECYCLER, langkah yang harus kita lakukan untuk menghapusnya adalah sebagai berikut:
Pertama, buka flashdisk Sahabat. Lihat apakah ada file zip? Kalau belum ada buat dulu. 
Caranya: Klik kanan salah satu file atau forlder lalu pada dialog box pilih add to archive trus pada dialog box berikutnya pilih zip lalu OK.


Kedua, buka file zip yang barusan dibuat, atau yang sudah ada. Klik terus tanda panah di atas folder-folder sampai pada drive kita mencolokkan flashdisk (E:\ atau D:\).


Ketiga, klik pada folder RECYCLER, lalu klik DELETE seperti pada gambar berikut ini. Jika muncul dialog box, klik OK.


Itu cara menghapus virus RECYCLER pada flashdisk.

Kita lanjutkan dengan cara menghapus virus Copy of Shortcut.

Cara ini saya dapat tidak sengaja. Pada tanggal 27-28 Juni 2011 yang lalu, saya mengikuti pelatihan pengelolaan Sub Domain SDIN (Sleman Disaster InformationNetwork yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Sleman di Kampus Terpadu Universitas Islam Indonesia Yogyakarta. Nah, pada saat pelatihan itu, saya nanya cerita ke pelatihnya, Mas Andrey Ferriyan bagaimana menghapus virus Copy of Shortcut? Tapi dijawab oleh seorang temannya, install saja anti virus NOD32.
Sepulang dari pelatihan, saya mampir warnet untuk download anti virus NOD32. Lalu saya install di laptop, hasilnya benar-benar hilang. Makanya mulai saat itu, di laptop saya saya pasang anti virus NOD32.

OK,  Sahabat selamat mencoba, HAPPY BLOGGING…!!

10 Responses to "Cara Menghapus Recycler di Flashdisk"

  1. menambahkan saja om, tool wajib buat menangani virus biar bisa buka superhidden, tracker v3, xy explorer, dll. Kemudian tool untuk mengetahui proses bisa pake proces xplorer, nanti dari situ terlihat apa aja yang aktif, kalo virus biasanya icon nya aneh, bentuk folder atau apa gt, brontok cleaner juga yahuud untuk menghapus registri peninggalan virus, kemudian ada namanya quadra (ini buatan team quadra jogja) lumayan juga untuk menghentikan sementara proses yang berjalan (freeze),setelah itu tinggal dihapus..oh iya autorun jangan lupa dimatikan (ini pemicu virus menyebar)

    pada intinya harus eling lan waspodo...

    BalasHapus
  2. setubuh Gan...
    seling lan waspodo terhadap bahaya Mbahne Lor Ngomah itu juga.... :)

    BalasHapus
  3. wah, infonya membantu banget mas, pa lagi FD sy punya penyakit kayak gitu...
    skrn ane mw sembuhin dulu pake cara agan, thx...

    BalasHapus
  4. itme, sip... semoga berhasil...

    BalasHapus
  5. min ko gk bisa di hapus folder RECYCLER nya pas di add to archive mucul lagi folder RECYCLERnya

    BalasHapus
  6. ribet gan... pake anti virus. soalnya ni usb main colak-colek aj ke tetangga, kompi jd dah kena virus. klo di scan file di usb malah dihabisin sama nod32, kompi di scan jd gak bisa jalan. di instal baru, ee mlh gak bisa sembarang main colak-colek tetangga. sama2 repot gan. akhirnya gak aku kasih anti virus sama sekali. kira2 apa resikonya ya..???

    BalasHapus
  7. >> ridwan
    silakan dicoba lagi, semoga bisa...
    faktanya adalah, tidak semua bisa berhasil...

    >> eka getz
    namamu sulit nulisnya.. kalo dibuat nama domain nggak optimized,, wkwkwk

    >> anonim
    anda beruntung nggak ane msukin ke kotak spam,
    kalo nggak mau ribet ya pasang deep freezer beres semua...

    BalasHapus
  8. wah sharing info nya bagus banget nih,, saya sering kesulitan ni kalau berhadapan dengan viru.......

    BalasHapus
  9. artikel yang sangat bermanfaat sekali buat di pelajari, ...

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan berkomentar dengan bijak. Komentar tanpa nama dan tidak bisa dilacak balik atau ada link aktif saya anggap spam