Latest News
Paket Program Hamil

Cara Mengatasi App Error 523 pada Blackberry Curve

Sahabat, tulisan tentang cara mengatasi error 523 pada BlackBerry curve 5820 ini adalah dokumentasi cara saya mengatasi error 523 pada BlackBerry curve 5820 milik saya. Jadi jika nanti Sahabat mencoba trik ini, mungkin ada sedikit perbedaan, silakan berimprovisasi :D.

Kejadian error 523 pada Blackberry Curve saya berawal pada saat saya melakukan update aplikasi WhatsApp. Ketika selesai download aplikasi WhatsApp, dan mencoba reboot ternyata malah error 523 yang muncul. Saya coba lepas batrey beberapa kali, tidak membuahkan hasil.

Karena penasaran, saya gugling saja solusi mengatasi error 523 pada BlackBerry curve 5820. Banyak sekali tutorial yang sudah ditulis. Ada yang dengan di flash -istilah bengkel HP- dengan resiko hilang semua data dan kontak. Kehilangan data dan kontak adalah sesuatu yang paling dihindari oleh pengguna smartphone seperti BlackBerry ini. Dan saya juga ndak mau terjadi seperti itu. Karena kontak yang ada di Blackberry tersebut adalah kontak yang tentu sulit dikumpulkan. Meskipun dengan cara switch device, bisa saja dilakukan. Tetapi saya masih mencoba mencari sosulsi lain.

Akhirnya saya gugling lagi dan mencoba mencermati salah satu tips dari sebuah blog lalu saya coba praktekan.

Sebenarnya apa sih yang menyebabkan terjadinya error 523 pada BlackBerry? Error 523 pada Blackberry biasanya disebabkan oleh aplikasi yang tidak compatible -sesuai spesifikasi- OS Blackberry. Dari yang saya alami, aplikasi yang crash adalah aplikasi WhatsApp yang baru saja saya update. Ternyata update WA tersebut tidak cocok untuk OS Blackberry 8520 saya. FYI, OS BlackBerry saya adalah OS v5.0.0.1788 yang mungkin tidak bisa untuk WA terbaru. Blackberry yang sudah saya beli sejak awal tahun 2012. Meskipun BlackBerry lawas, tapi alhamdulillah bisa dimanfaatkan untuk jualan gendongan bayi.

OK, begini cara saya:

1. Lepas Batrey BB Sahablt, lalu pasang lagi, Saat loading boot, hubungkan menggunakan kabel USB ke PC atau laptop.
2. Kemudian buka Aplication Loader. Lokasi filenya ada di C > Program Files (86) > Common FIles >> Research In Motion >> AppLoader. (Versi laptop saya. Bisa jadi di laptop Sahabat sedikit berbeda).



3. IIkuti langkah-langkah yang ada di AppLoader. Intinya nanti kita akan mengahapus aplikasi yang terinstall di BB, tanpa masuk ke BB, karena memang tidak bisa masuk disebakan error 523.
Untuk membuk AppLoader, seperti biasa membuka aplikasi lainnya, klik 2 kali pada Loader, lalu ikuti langkah selanjutnya, perhatikan gambar berikut.

Klik Next

Pilih Device, klik Next

Next

Next

Pilih Aplikasi yg akan dihapus lalu Next. Dalam kasus ini saya delete aplikasi WA. Screenshoot ini saya ambil setelah saya berhasil menghapus WA, saya akan membuat tulisan ini, jadi saya ulangi langkah-langkahnya. Dalam contoh ini, yang saya pilih adalah aplikasi Google Talk, LINE dan Opera Mini Browser

Klik Finish.




Setelah klik tombol Close, HH BlackBerry akan melakukan rebooting sendiri dan tunggu sampai selesai.
Jika langkah ini belum berhasil mengatasi masalah error 523 pada Blackberry Sahabat, sepertnya lalternatif terakhir untuk nge-flash BB harus diambil dengan resiko hilang data dan kontak BB.

Ok Sahabat, semoga error 523 pada Blackberry bisa teratasi.

9 Responses to "Cara Mengatasi App Error 523 pada Blackberry Curve"

  1. Untunge bb ku digawe mbakku sing rodo rodo gaptek, walhasil dia sudah puas dengan BBM saja hahaha

    BalasHapus
  2. mas kok d common file ny gak ada Research In Motion >> AppLoader ya?? tolong tanggapan ny mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa di screenshoot tampilannya kayak apa?

      Hapus
  3. punyaku tetap gak bisa ter detek oleh PC. Kenapa ya?

    BalasHapus
  4. Bisa kok bang, abang install dulu Blackberry Desktopnya (trs ikuti langkah@yang disarankan admin)

    to Admin : thanks ya! membantu banget

    BalasHapus
  5. Thanks bb saya sudah tidak error lagi tapi kontak hilang semua.

    BalasHapus
  6. Kok tidak terdeteksi gan.. apa harus usb ori kah gan

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan berkomentar dengan bijak. Komentar tanpa nama dan tidak bisa dilacak balik atau ada link aktif saya anggap spam