Latest News
Paket Program Hamil

Cara Mendidik Anak Secara Islami Dengan Baik Dan Benar

Mendidik anak memang lah suatu tugas dan tanggung jawab sebagai orang tua. Karena dari orang tua lah kita dapat memiliki bangsa dengan anak anak yang cerdas. Namun mendidik anak yang paling penting adalah yang berlandaskan agama. Bagi para orang tua berikut ada beberapa cara mendidik anak secara Islami yang bisa anda lakukan :
1.       Mengajarkan nilai keislaman
Cara mendidik anak secara Islami dapat anda lakukan denganmengajarkan anak tentang nilai nilai keislaman. Cara ini dapat membuat anak memiliki bekal agama untuk hidup di masa depan. Mendidik anak secara Islami dapat dilakukan pertama dengan memberikan si anak mengenai cerita cerita nabi. Dengan cerita cerita nabi akan memberikan kisah mengenai tauladan yang baik untuk anak. Karena para nabi memiliki segudang kebaikan, maka dengan berbagai cerita nabi anak dapat mencontoh kebaikannya.


2.       Mengajarkan mengaji
Cara mendidik anak secara Islami  kedua yang dapat dilakukan para orang tua adalah dengan mengajarkannya mengaji. Dengan mengaji akan memberikan bekal kepada anak tentang belajar agama Islam. Mengajari anak mengaji dapat berupa huruf hijaiyah, suratan pendek, dan doa harian. Anda dapat mengajari pelajaran-pelajaran yang ringan terlebih dahulu, sehingga si anak pun akan mudah memahaminya.

3.       Mengajak sholat
Cara mendidik anak secara Islami juga dapat dilakukan dengan mengajak anak untuk ikut sholat. Karena dengan hal tersebut si anak akan mencontohnya, sehingga nantinya apabila ia sudah mampu belajar sholat, ia akan mudah mempelajarinya karena sering mengikuti kegiatan sholat orang tuanya. Sholat merupakan tiang agama, jadi sangat baik dan benar apabila diajarkan anak sejak dini.

4.       Ceramah pengajian
Anda sebagai orang tua juga dapat mengajak anak untuk terbiasa mendengarkan ceramah-ceramah pengajian. Karena hal tersebut akan membuat anak mendapatkan bekal mengenai agama. Ceramah mengenai agama sebenarnya juga dapat dilakukan para orang tua, yaitu dengan ceramah-ceramah yang ringan dan mudah dipahami oleh anak. Sebenarnya anak akan lebih mudah menangkap apa yang diberikan oleh orang tuanya, karena orang tua adalah bagian dari anak itu sendiri. Dan orang tua pun merupakan sosok yang sangat dipercaya oleh anaknya.

5.       Memberi buku tentang agama
Anda juga dapat memberikan buku-buku agama, seperti buku tentang nabi, kisah teladan, dan kisah kisah agama lainnya yang pastinya mudah dipahami oleh anak. Anda dapat memberikan buku-buku bergambar agar anak lebih tertarik untuk membacanya.
Pendalaman agama memang sangat penting untuk anak, karena dengan agama anak akan memiliki bekal hidup di masa depan. Bekal agama merupakan bekal yang tidak dapat dibeli oleh apapun, karena sudah tertanam di dalam jiwa. Jadi bekalilah anak anda dengan agama sejak dini dan sekarang.

Itulah beberapa cara mendidik anak secara Islami yang bisa anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Jangan pernah bosan mengajarkan anak tentang pendidikan Islami, karena biasanya anak akan susah untuk diajak belajar.

1 Response to "Cara Mendidik Anak Secara Islami Dengan Baik Dan Benar"

  1. tugas mendidik anak mendjadikannya anak soleh hampir menjadi dambaan semua orang tua, itu adalah proyek yang hasilnya bisa dinikmati sampe akhirat nanti

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan berkomentar dengan bijak. Komentar tanpa nama dan tidak bisa dilacak balik atau ada link aktif saya anggap spam