Latest News
Paket Program Hamil

Dani Craft, Supplier Kerajinan dan Souvenir Pernikahan di Jogja

Pada hari Ahad, tanggal 16 Oktober 2016 yang lalu, saya berkesempatan main ke rumah salah seorang supplier produk kerajinan dan souvenir pernikahan yang punya alamat di wilayah Kasongan Bantul Jogja.

Pada awalnya sih nggak ada rencana ke sana. Karena ada temen yang minta di temenin, jadilah saya ke berangkat. Janjian untuk ketemu sudah beberapa kali dikomunikasikan. Tetapi kendala waktu saya yang masih sambil kerja, membuat belum punya waktu yang pas. Dan akhirnya kesmapaianlah pada Ahad kemarin itu.

Dia adalah mas Danang, yang di facebook pakai nama Danang Jirolu. Hi..hi, nggak tau juga apa maksud nama belakang pakai Jirolu. Kalau bahasa Jawa, Jirolu itu ya hitungan Siji, Loro, Telu (Satu, dua, Tiga).

Kenal mas Danang ini pada sebuah acara yang digagas oleh temen-temen Komunitas Joging beberapa waktu lalu. Dan dalam sesi perkenalan, waktu itu saya nggak ngeh kalo dia supplier souvenir pernikahan di Jogja yang sudah punya nama. Tahunya saya ya dia itu pemain bisnis online.

Janjian jam 10 pagi, sampai di sana jam 10:30. Dengan panduan Google Maps, dan GPS -Gunakan Penduduk Setempat-, sampailah saya di rumahnya.

Ketika tanya ke tetangga, dimana rumah Mas Danang, kami sempet terkejut juga. Orang yang saya tanya itu menyebut Dani Craft. Yang saya tahu sebelumnya bahwa Dani Craft itu adalah supplier kerajinan dan souvenir pernikahan yang sudah sangat terkenal. Bayangkan, saya sudah lama ingin gabung sebagai pemasar kerajian dan souvenir tidak bisa diterima karena kuota untuk member di wilayah Jogja sudah ditutup. Sampai nggak percaya juga awalnya, ternyata mas Danang ini owner Dani Craft itu.

Dani Craft, Mulai dari MINUS.

Sampai di sana, kami disambut oleh karyawan yang sedang piket di hari minggu. Dalam obrolan yang berjalan santai itu banyak hal yang saya ambil pelajaran dari Mas Danang. Yang paling inti adalah FOKUS. Ya, satu hal ini yang buat saya sangat sulit dilakukan. FOKUS pada satu hal, kuasai sepenuhnya dan akan bisa kita nikmati hasilnya.


Banyak temen dan saya sendiri yang GAGAL dalam menjalankan bisnis online karena GAGAL FOKUS. Ketika ada produk baru yang menggiurkan untuk dipromosikan, dicoba dst, akhirnya ZONK.

Lain-lain yang kami bicangkan antara lain tentang karyawan. Jumlah karyawan di Dani Craft ada 30 orang, ada 10 orang sebagai Costumer Service, ada bagian packing, dll. Dulu mereka libur kalo hari Ahad, tetapi ternyata banyak tamu yang datang ke markas Dani Craft. Ya, memang demikian. Ketika saya di sana yang hanya sekitar 3 jam, ada sekitar 4 tamu yang datang. Ada yang nyari souvenir pernikahan, ada yang nanya undangan dan lainnya. Inilah yang kemudian membuat Mas Danang tidak meliburkan pada hari Ahad. Memang tidak semua karyawan masuk, cuma 3 yang dijadwal piket.

Tentang gaji karyawan juga saya tanyakan. Di Dani Craft, karyawan digaji sesuai UMR di wilayah Bantul plus bonus penjualan. Rata-rata tiap karyawan bisa membawa pulang gaji Rp. 1,5juta -RP. 2jt. Untuk ukuran karyawan yang masih jomblo di Jogja, gaji segitu sudah lebih dari cukup.


Oya, cerita awal dari Dani Craft ini, kata mas Danang, dulu dimulai dari keadaan minus. Dan alhamdulillah sekarang sudah punya gudang selus 600 m2, 3 lantai. Sepertinya dai juga baru saja membaut rumah baru. Karena di depan gudang Dani Craft itu ada sebuah rumah baru. Juga dia masih menyewa lahan punya tetangga di depan gudang untuk workshop.

Kurang lebih ada 3000an item kerajian dan souvenir yang ada digudang Dani Craft.

Untuk management order, mas Danang ini membuat sendiri toolnya. Ya karena memang dia bisa membuat sendiri. Website juga di develop sendiri, yang bisa diakses di www.Dani-Craft.com. Managemen karyawan juga sudah terlihat bagus. Saya melihat ada mesin absen sidik jari (finger print) di salah satu ruang di sana.

Dan, yang tidak kalah kalap adalah temen yang bareng saya ke sana. Dia belanja banyak sekali sampel souvenir pernikahan sampai habis sekitar Rp. 400.000. Itu saja nggak semua jadi dibawa pulang. Banyak yang nggak jadi dibawa pulang karena waktu untuk mengitung sudah mepet dan sudah habis banyak belanjanya..


Hmm, itu kayaknya pengalaman saya main ke supplier kerajian dan souvenir pernikan diJogja, Dani Craft. Semoga menginspirasi.

2 Responses to "Dani Craft, Supplier Kerajinan dan Souvenir Pernikahan di Jogja"

  1. Wediaaan.. koyoke kudu didesign interior sing luih modern yo kang, ben gak ketok berantakan ngono. Mas dani, piye to sampean kui designer kok panggone berantakan? HAHAHAHAHAH

    BalasHapus
    Balasan
    1. digawe koyo gudange amazon po mas ndop? :D

      Hapus

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan berkomentar dengan bijak. Komentar tanpa nama dan tidak bisa dilacak balik atau ada link aktif saya anggap spam