Latest News
Paket Program Hamil

Tindakan Kita, Sebatas Kita Memandang Dunia


Bila Anda memandang diri Anda kecil, dunia akan tampak sempit, dan tindakan Anda pun jadi kerdil.


Namun, bila Anda memandang diri Anda besar, dunia terlihat luas, Anda pun melakukan hal-hal penting dan berharga.

Tindakan Anda adaah cermin begaimana Anda melihat dunia. Sementara dunia Anda tak lebih luas dari pikiran Anda sendiri. Itulah mengapa kita diajarkan untuk berprasangka positif pada diri sendiri agar kita bisa melihat dunia lebih indah dan bertindak selaras dengan kebaikan-kebaikan yang ada dalam pikiran kita.
Padahal dunia tak butuh penilaian apa-apa dari kita. Ia hanya memantulkan apa yang ingin kita lihat. Ia menggemakan apa yang ingin kita dengar. Bila kita takut menghadapi dunia sesungguhnya kita takut menghadapi diri kita sendiri.

Maka, bukan soal apakah kita berprasangka positif atau negatif terhadap diri sendiri. Melampaui di atas itu, kita perlu jujur melihat diri sendiri apa adanya. Dan, dunia pun menampakkan realitanya yang selama ini tersembunyi di balik penilaian-penilaian kita.


3 Responses to "Tindakan Kita, Sebatas Kita Memandang Dunia"

  1. Tema-nya sama dgn artikel terbaru saya,
    padahal saya baru baca artikel ini setelah
    menulis...

    hehehe...

    BalasHapus
  2. @akh rama=ada kontak batin kali

    BalasHapus
  3. Ternyata luas sempitnya dunia tergantung dari sbrp luas sempitnya pikiran kita.. benar akh, dunia erminan dari pemikiran kita krn kita sendiri yg menjalani kehidupan di dunia..

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan berkomentar dengan bijak. Komentar tanpa nama dan tidak bisa dilacak balik atau ada link aktif saya anggap spam