Latest News
Paket Program Hamil

'Amal Jama'i..

Sahabat tentu sudah sering mendengar istilah ‘amal jama’i, bukan?

Dalam bahasa arab, "amal-jama’i" berarti "bekerja sama", bukan "sama-sama kerja". Lawan katanya adalah " infirodiyyah " yang berarti "pribadi" (individual). Dalam tulisan ini, akan dibahas sekilas tentang alasan mengapa kita perlu bekerja sama.

Ibarat sebuah tembok. Dia bukan hanya pasir, melainkan terdiri dari pasir, smen, kapur, batu bata.

Di dalam jama’ah da’wah, kit tidak bisa bekerja sendiri. Harus ada teman yang mengiringi dan bekerja bersama kita. Karena tidak mungkin sebuah pekerjaan besar dilakukan seorang diri. Da’wah ini adalah pekerjaan yang sangat besar.

Saya mempunyai pengalaman dalam hal ‘amal jama’i. Saya seornag pangguna jejaring sosial, facebook. Di sana saya membuat grup 1 juz sehari yang sekarang saya ganti namanya menjadi “OneDayOneJuz”.

Grup ini saya buat pada bulan Ramadhan tahun 1430 kemarin. Waktu itu teman yang masuk dlaam daftar teman saya belum seperti sekarang. Masih ratusan. Jadi saya hanya bisa mengundang beberapa teman. Awal-awal kelahiran grup itu anggotanya sangat sulit untuk bertambah. Mulai dari puluhan. Untuk mencapai anggaota 100 orang saja lama sekali. Saya sempet berfikir, apakah karena ini grup yang aneh, mengajak orang tilawah dalam sehari minimla 1 juz? Padahal saat itu banyak sekali grup-grup bermunculan yang pada intinya sekedar untuk kesenangan. Jumlah anggotanya sangat cepat bertambah, bahkan dalam sehari bisa bertambah ribuan anggota baru.

Namun saya tetap yakin, suatu saat, grup ini akan menjadi besar. Pada suatu hari, seorang member meminta untuk dijadikan admin grup. Saya masukkan dia jadi admin grup. Saat itu jumlah anggota sekitar 350an. Sejak dia masuk sebagai admin, hari berikutnya, anggota sudah menjadi 2 kali lipat dan terus bertambah sampai saat tulisan ini saya tulis sudah mencapai 3.221 orang.

Saya tahu, jumlah sekian itu masih terlalu kecil untuk ukuran pengguan facebook muslim. Tapi hal ini menjadi contoh nyata, bahwa dalam berda’wah kita tidak bisa sendiri-sendiri.

Ini terbukti dengan saya menambah admin untuk grup itu, penambahan anggota sangat pesat.

Bahkan sekarang di grup itu, setiap anggota bisa mendapat pesan berisi kajian tafsir karena saya juga meminta seorang ustadz untuk menjadi admin.

0 Response to "'Amal Jama'i.."

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan berkomentar dengan bijak. Komentar tanpa nama dan tidak bisa dilacak balik atau ada link aktif saya anggap spam