Latest News
Paket Program Hamil

Enam Hal...

Suatu hari, Imam Al Ghozali berkumpul dengan murid-muridnya. Lalu ia mengajukan enam pertanyaan kepada para muridnya. Pertama, "Apa yang paling dekat dengan diri kita?" Murid-muridnya ada yang menjawab orang tua, guru, teman dan kerabatnya.

Imam Ghozali menjelaskan, semua jawaban itu benar. Tetapi yang paling dekat dengan kita adalah "mati". Sebab kematian adalah janji Allah SWT. "Setiap yang bernyawa (pasti) akan merasakan mati." (QS. Ali Imran[3]:185)

Lalu Imam Ghozali meneruskan pertanyaan kedua, "Apa yang paling jauh dari diri kita di dunia ini?" Murid-muridnya ada yang menjawab negara China, bulanm matahari, dan bintang-bintang. Lalu Imam Ghozali menjelaskan bahwa semua jawaban yang diberikan itu benar. Tapi yang paling benar adalah "masa lalu". Siapapun kita, bagaimanapun kita, dan betapa kayanya kita, tetap kita tidak bisa kembal ke masa lalu. Sebab itu, kita harus menjaga hari ini dan hari-hari yang akan datang dengan perbuatan yang sesuai dengan aturan Allah SWT dan RasulNya.

Imam Ghozali meneruskan dengan pertanyaan yang ketiga. "Apa yang paling besar di dunia ini?" Murid-muridnya ada yang menjawab gunung, bumi, natahari. Semua jawaban itu benar kata Imam Ghozali. Tapi yang paling besar dari yang ada di dunia ini adalah "nafsu".

Banyak manusia menjdai celaka karena memperturutkan hawa nafsunya. Segala cara dihalalkan demi mewujudkan impian nafsu. Karena itu, kita harus berhati-hati dengan nafsu ini, jangan sampai nafsu membawa kita ke neraka.

Pertanyaan keempat adalah, "Apa yang paling berat diduina ini?" Diantara muridnya ada yang menjawab baja, besi, dan gajah. Semua jawaban hampir benar, kaya Imam Ghozali, tapi yang paling berat adalah "memegang amanah".

Pertanyaan kelima adalah, "Apa yang paling ringan di dunia ini?" Ada yang menjawab kapas, angin, debu, dan daun-daunan. Semua itu benar, kata Imam Ghozali, tapi yang paling rinagn di dunia ini adalah meninggalkan "sholat".

Lalu pertanyaan keenam, APakah yang paling tajam di dunia ini?" Murid-muridnya menjawab dengan serentak, pedang..!! "Benar", kata Imam Ghozali. Tapi yang paling tajam di dunia ini adalah "lidah manusia". Karena dengan lidah, menusia dengan mudahnya menyakiti hati dan meluaki perasaan saudaranya sendiri.

Sudahkan kita menjaga lisan yang selalu ingat akan kematian, senantiasa be;ajar dari masa lalu, dan tidak memeperturutkan hawa nafsu? Sudahkan kita mampu mengemban amanah sekecil apapun, senantiasa menjaga sholat dan selalu menjaga lisan kita"

Wallahu a'lam

(sumber;Hikmah, Harian Republika)

1 Response to "Enam Hal..."

  1. walaup belum ada yang komen tapi gw pengen komen..ne artikel mantap bgt.gw suka..

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan berkomentar dengan bijak. Komentar tanpa nama dan tidak bisa dilacak balik atau ada link aktif saya anggap spam