Latest News
Paket Program Hamil

Pelatihan Pengelolaan Subdomain SDIN


Pada tanggal 27-28 Juni 2011, Pemerintah Kabupaten Sleman mengadakan Pelatihan Pengelolaan Subdomain SDIN (Sleman Disaster Information Network).


Pelatihan ini diikuti oleh perwakilan desa-desa dikawasan lereng Merapi antara lain Desa Wonokerto, Desa Purwobinangun, Desa Hargobinangun, Desa Kepuharjo, Desa Umbulharjo, Desa Glagaharjo. Selain dari desa-desa dikawasan lereng Merapi, pelatihan ini juga diikuti oleh komunitas masyarakat dillreng Merapi, anatalain dari SKSB dan SAR. Juga dari sekolah-sekolah yakni dari SD Tarakanita Tritis Purwobinangun, SD N Tawangharjo dan SD Muh Glagaharjo.

Penyelengaraan ini bekerja sama dengan Fakultas Teknologi Industri UII. Pelatihan ini bertujuan untuk meningktakan kapasitas operator SDIN dan mengaupodate website SDIN yang beralamat di http://sdin.slemankab.go.id.

Hal yang melatarbelakangi kegiatan ini adalah bahwa sistem informasi di kawasan rawan bencana berdasarkan beberapa sistem, Sistem berbasis masyarakat dengan mengandalakan penduduk sebagai penyampai dan penerima informasi. Sistem berbasis teknologi yanga akan semakin membuka jejaring informasi antara penduduk kawasan rawan bencana, pemerintah dan masyarakat yang lebih luas lagi.

Salah satu sistem berbasis teknologi yang mulai dibangun adalah SDIN (Sleman Disaster Information Network). tetapi karena banyak peralatan informatika yang rusak (CCTV, Sistem EWS, Tower, Jaringan) maka content SDIN yang ada saat ini hanyalah Web Site. Pada tahun 2010 pelatiuhan SDIN ditujukan untuk akses semua content SDIN,maka pada tahun 2011 ini pelatihan SDIN hanya untuk content web site SDIN.

Ruang linkup dari pelatihan ini adalah refresing permasalahan pengurangan resiko bencana, refreshing kemampuan internet operator dan pelatihan akses informasi terkait dengan Sleman Disaster Information Network.

Dengan adanya pelatihan ini diharapkan web SDIN secara reguler akan terupdate.

0 Response to "Pelatihan Pengelolaan Subdomain SDIN"

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan berkomentar dengan bijak. Komentar tanpa nama dan tidak bisa dilacak balik atau ada link aktif saya anggap spam