Latest News
Paket Program Hamil

Kesalahan Fatal Seorang Blogger

Dengan memanfaatkan fitur Friend Connect dari Google, kita bisa mengikuti perkembangan terbaru dari sebuah blog. Blog-blog yang kita ikuti atau istilahnya kita follow, secara otomatis akan masuk dalam daftar bacaan kita. Coba perhatikan bagian bawah saat kita masuk ke dashboard blogger. Jika kita rajin blogwalking dan selalu mem-follow blog yang kita kunjungi, maka akan banyak sekali daftar bacaan kita.
Suatu kali, saya iseng melihat-lihat blog yang saya follow. Ada beberapa blog yang saya follow.
  1. BloggerTasik (http://www.bloggertasik.tk/ )
  2. Dey Hidayat (http://deyhidayat.blogspot.com/ )
  3. My Template Gallery (http://mytemplategallery.blogspot.com/ )
  4. Free Premium Blogger Template ~ Dannte Araujo (http://www.dantearaujo.net/ )
  5. FunTahsin (http://www.funtahsin.com/ )
  6. Hani Prasetyo Rini (http://heniprasetyorini.blogspot.com/ )
  7. FreeIslamicTube (http://freeislamictube.blogspot.com/ )
  8. Liqo Software (http://liqosofware.blogspot.com/ )
  9. Masjid  Al Muttaqin (http://www.almuttaqin.tk/ )>> blog panitia Pembangunan Masjid di kampungku
  10. Materi Tarbiyah (http://oasetarbiyah.blogspot.com/ )

Dari sepuluh (10) blog yang saya follow itu, hanya satu (1) yang updatenya belum lama, yaitu FunTahsin (http://www.funtahsin.com/ ). Update terbarunya lima (5) hari yang lalu (saat saya membuat postingan ini). Lainnya, update terbaru lima (5) bulan yang lalu.
Blogger Beguguran:

blogger berguguran

Yang ini update terakhirnya bahkan 11 bulan yang lalu:
Blogger Berguguran:

blogger berguguran

Bahkan ada yang linknya sudah tidak bisa dibuka.
Blogger Berguguran:

blogger berguguran

Ada juga yang pakai domain dot.tk bahkan sudah habis masa aktifnya dan sepertinya tidak diperpanjang. Padahal dulu pas masih aktif, blognya bagus.
Blogger Berguguran:

blogger beguguran

Fenomena blog berguguran memang sangat lumrah. Ribuan blog baru muncul setiap hari. Karena sangat mudahnya membuat blog. Blogger dan WordPress adalah dua (2) platform blog paling popular.
Lalu apa penyebab blog-blog berguguran bagai daun di musim kering.. halah…


Motifasi awal yang salah alias salah niat

Banyak blogger baru yang membuat blog karena tergiur penghasilan dari internet yang memang menggiurkan.  Bayangkan, denga hanyan duduk di depan komputer bisa mendapat pengahsilan ribuan dollar dari bisnis online. Ini yang membuat maraknya web yang menawarkan bisnis online dengan hasil melimpah. Memanfaatkan sisi kemalasan blogger. Dengan iming-iming Bisnis Tanpa Modal dan lain-lain cara berpromosi yang bagi sebagian orang begitu menggoda.

Ketika kemudian mendapati kenyataan bahwa ternyata mendatangkan traffik  itu tidak mudah, bahwa memulai bisnis online itu tidak semudah yang dikatakan, bahwa untuk mendapatkan hasil melimpah dari ngeblog itu butuh ketelatenan dan keuletan serta keseriusan maka berguguranlah blog-blog baru itu.
Saya sendiri memulai ngeblog untuk memenuhi rasa penasaran saya. Apa sih ngeblog itu? Akhirnya keterusan sampai sekarang. Bahkan sejak tanggal 7 Sepetember 2011 akhirnya saya beli juga domain sendiri. Ini saya lakukan dalam rangka untuk meningkatkan semangat ngeblog. Kalau dengan domain berbayar masih malas nulis, kan rugi jadinya. Sudah bayar mahal, tidak dipakai. Dari sisi traffik masih belum bagus. Masih puluhan kunjungan per harinya. Dari sisi konten juga masih seperti ini. Banyak nulis dari penagalaman sendiri. Coba Sahabat perhatikan, banyak diantara tulisan saya yang mengambil dari pengalaman pribadi atau teman. Kalaupun ada tutorial juga itu kebanyakan dari pengalaman sendiri. Kayak misalnya tutorial tentang free template blogger. Atau yang ini tentang Cara Mudah Daftar Google AdSense. Juga tulisan yang sedang Sahabat baca ini.

Dalam beramal pun berlaku hal seperti ini. Kesalahan motifasi awal atau salah niat.
Sebuah hadits dari Amirul Mu’minin, Abi Hafs Umar bin Al Khottob radiallahuanhu, dia berkata: Saya mendengar Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam bersabda : Sesungguhnya setiap  perbuatan tergantung niatnya.  Dan  sesungguhnya  setiap  orang  (akan dibalas) berdasarkan apa yang dia niatkan. Siapa yang hijrahnya karena (ingin mendapatkan keridhaan) Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya kepada (keridhaan) Allah dan Rasul-Nya. Dan siapa yang hijrahnya karena dunia yang dikehendakinya atau karena wanita yang ingin dinikahinya maka hijrahnya (akan bernilai sebagaimana) yang dia niatkan.
Karena kesalahan motifasi awal atau salah niat ini banyak blogger yang akhirnya kecewa dan menninggalkan blognya. Untuk itu, saya mengajak Sahabat blogger semuanya, mari luruskan niat.


Malas menulis

Kesalahan fatal kedua yang dilakukan oleh blogger pemula adalah malas menulis. Alsannya macam-macam. Tetapi alas an yang paling banyak disampaikan adalah susah menulis, tidak ada ide untuk menulis. Tidak berbakat menulis. Akhirnya membuat malas menulis. Kalau ketiga alasan itu ada pada diri Sahabat, BERHENTI SAJA NGEBLOG. Buat apa ngeblog kalau selalu bilang seperti itu. Blog adalah dunia tulis. Jadi kalau tidak mau nulis JANGAN NGEBLOG.


Kebiasaan menulis itu bisa dilatih. Untuk awal latihan tidak perlu nulis artikel panjang. Ceritakan pengalaman sendiri. Masa nggak punya pengalaman? Atau perbanyak baca buku. Dari satu buku yang kita baca pasti ada beberapa hal yang bisa “nyantol” dipikiran, tuliskan saja itu. Atau lagi asyik nguprek template atau widget. Ambil screenshotnya, tuliskan jadi artikel tutorial. Mudah, kan?

Tulis dulu di word, jangan langsung di posting di blog. Agar enak di edit. Ketika menulis sudah menjadi kebiasaan, ide itu datang sendiri kok. Mengalir saja ketika nulis. Tidak terasa saat nulis posting ini, ternyata sudah dua (2) halaman A4. Pragraf ini sudah masuk halaman ketiga. (Belum termasuk gambar).
Kebiasaan copy paste hanya akan mematikan ketrampilan menulis. Kalau untuk mencari ide tulisan bolehlah, asal kemudian ditulis dengan bahasa sendiri. Jangan lupa sertakan juba sumber bacaan.


Lihatlah blognya motivator Sukses Mulia, Pak Jamil Azzaini, di www.JamilAzzaini.com. Dengan kesibukan Beliau yang luar biasa, beliau selalu membuat posting baru setiap hari.


Okelah, kalau belum bisa setiap hari, paling tidak seminggu tujuh kali (…ha..ha... sama aja, Boss…) ya..seminggu dua atau tiga kali membuat posting untuk blog kita itu sudah bagus.

Jika kedua permasalahan itu sudah bisa diatasi, saya yakin, InsyaAllah, blog sahabat akan banyak yang lihat baca.

Kata kuncinya adalah NULIS..NULIS..NULIS...



7 Responses to "Kesalahan Fatal Seorang Blogger"

  1. salam.
    memang itu kendala terbesar dari seorg blogger, mengupdate tulisan adalah hal yang tersulit karena bagi sebagian org termasuk saya sangat susah untuk mencari ide utk membuat tulisan, dan saya sering merasakan itu, terkadang 5 hari dan 1 minggu baru update tulisan, memang susah jika kita tak ada komitmen dalam menjalani kehidupan sebagai seorg blogger.
    salam.

    BalasHapus
  2. @Becks, saya sedang mencoba 1 hari 1 psotingan. dan baru bulan ini hasilnya udah kliatan... silakan dicoba...

    BalasHapus
  3. jadi kesindir ni pak,,,

    susah memang rasanya one day one posting...

    BalasHapus
  4. >> Mury...
    ane nggak bermaksud nyindir ente lho Gan... he..he..

    BalasHapus
  5. Betul itu Mas walaupun awalnya menulis itu melelahkan tetapi pada kenyataannya banyak blogger yang mulai menyukai dunia ini. Terlebih lagi jika artikel yang ditulis memberi manfaat dan dibaca oleh banyak orang lebih membanggakan.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan berkomentar dengan bijak. Komentar tanpa nama dan tidak bisa dilacak balik atau ada link aktif saya anggap spam