Latest News
Paket Program Hamil

Mau Pilih Mana, Personal atau Berita?

Belum ada data pasti berapa blog yang ada saat ini. Setiap hari ribuan blog dibuat. Dari ribuan blog yang ada, bisa dikategorikan pada dua bagian besar. Blog pribadi dan blog berita.


Blog Pribadi


Blog pribadi atau personal blog, biasanya berisi pengalaman-pengalaman dan buah pikiran seorang blogger. Seperti blog saya ini Hampir semua tulisan di sini adalah dari pengalaman pribadi saya dan sebagian dari artikel yang saya dapat dari file-file di komputer dan hasil browsing. Kalaupun ada tulisan yang menceritakan tentang kejadian, maka lebih sebagai inspirasi yang kemudian saya tambah dengan ulasan pribadi.


Tidak ada aturan baku dalam menulis artikel untuk blog pribadi selain kaidah kesopanan dan etika dalam ngeblog. Tidak menyinggung SARA, pornografi dan sebagainya. Ini sangat tergantung penulis. Jadi blog pribadi sangat leluasa. Mau menuliskan apapun bebas. Mau menceritakan pengalaman melamar kerja boleh, cerita pengalaman menikah monggo saja. Pokoknya bebas.


Dalam kategori blog pribadi terkadang mengusung tema sesuai selera. Banyak yang berbagi soal  trik blog, teknik SEO, game, trik ngulik open source, tutorial blog. Atau memuat karya sastra kayak puisi, cerpen, novel tulisan sendiri. Atau bisa juga campuran. Lagi-lagi blog ini ini contohnya. he..he..narsis boleh donk...
Dalam blog ini ada tutorialnya, ada cerita pengalaman pribadi dan ada juga beritanya -sedikit-.


Blog Berita


Menurut wikipedia,
berita adalah informasi baru atau informasi mengenai sesuatu yang sedang terjadi, disajikan dalam bentuk cetak, siaran, internet, atau dari mulut ke mulut kepada ornag ketiga atau orang banyak.
Dengan pengertian seperti itu, dalam berita ada unsur-unsur: penting -relatif- dan aktual. Dalam penulisan berita juga ada kaidah-kaidah yang sudah baku seperti: memenuhi ketentuan 5W1H (what, when, why, where, who dan how).


1. What, apa peristiwa yang terjadi?
Misalnya, tentang suatu kecelakaan, atau yang baru hangat beritanya tentang ambruknya jembatan Kutai Kartanegara, atau tragedi diskon BlackBerry Bellagio yang sampai menelan korban jiwa 


2. When, kapan terjadinya?
Waktu terjadinya peristiwa juga jelas. Hari dan tanggalnya.


3. Why, mengapa peristiwa itu terjadi?
Apa yang menyebabkan peristiwa itu bisa terjadi?


4. Where, dimana terjadinya?
Detail lokasi peristiwa juga harus jelas. Tidak bisa hanya ditulis, di suatu tempat saja. harus menunjuk satu tempat. Misal di Jln. Mangkubumi, atau Jl, Malioboro, di Mall apa...


5. Who, siapa saja yang terllibat atau pelaku dalam peristiwa itu?
Bisa panitia suatu event, korban dan lain-lain.


6. How, bagimana kejadian itu ?
Misal, dalam suatu kegiatan pelatihan, bagimana jalannya kegiatan, antuasias peserta dan sebaginya.


Blog berita lebih sering dengan portal berita atau situs berita. Seperti detik,com, kompas.kom dan lain-lain. Dalam blog berita, penulis bisa meliput sendiri suatu peristiwa bisa juga dengan meminta orang lain atau bisa juga mencari sumber dari berita lain. Yang terakhir sangat tidak disarankan.Karena akan terjadi doble posting yang tidak baik bagi blog terkait dengan perkembangan terakhir google yang tidak menyukai dobel konten.


Menuliskan berita juga harus menjaga harus menghindari penilaian pribadi dari suatu peristiwa. Penilaian terhadap peristiwa bisa ditanyakan kepada pelaku (peserta kegiatan, panitia atau korban). Hal ini untuk menjaga independensi suatu berita. Seorang pewarta harus netral.


Menggunakan bahasa yang tidak biasa. Misalnya:
>> menyelenggarakan diganti dengan menggelar
>> untuk memberikan penegasan, diakhir kutipan wawancara di tambah kata "tandasnya"
     "bla...bla...bla..." tandas Ketua panitia.
>> atau dengan kata tutupnya / imbuhnya
     "bla...bla...bla..." tutupnya
     "bla...bla...bla..." imbuhnya


Masih banyak teknik-teknik lain yang berkaitan dengan foto dan sebagainya yang kesemuanya itu memerlukan suatu ketekunan hingga bisa membuat berita yang menarik dan enak dibaca.


OK Sahabat, selamat berlatih...!!




_______


Didapat dari pelatihan kehumasan bertempat di aula bersama Abu Hasan (admin blog yang lagi naik daun he.he...) dan Mbak Tin (nama lengkanya kemarin ga disebutkan) he..he..

0 Response to "Mau Pilih Mana, Personal atau Berita?"

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan berkomentar dengan bijak. Komentar tanpa nama dan tidak bisa dilacak balik atau ada link aktif saya anggap spam