Latest News
Paket Program Hamil

(Update) Sehat Itu Mahal


pasien di RS Sardjito karena gagal ginjal
Selama sepekan ini saya 3 kali masuk rumah sakit. Sekali di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta  dan dua kali di RSUP Dr Sardjito Yogyakarta. Bukan karena saya sakit.. Alhamdulillah, sampai hari ini saya dikaruniai kesehatan. Kalau sekedar pusing karena kecapekan itu biasa. Istirahat sebentar juga bisa segar kembali.
Di PKU Muhammadiyah saya rombongan dengan teman-teman satu kelompok ta’lim membezook anak salah seorang teman saya yang sedang sakit. Anak perempuan teman saya itu sakit pada saluran pernafasan.

Di RSUP Dr. Sardjito  yang pertama dalam rangka membezook ibu temen saya yang dirawat di sana seperti yang sudah saya ceritakan pada kesempatan yang lalu. Dan yang kedua kemarin, masuk RS karena membezook saudara saya. Kebetulan kedua orang yang saya bezook itu sama-sama menderita penyakit yang berkait dengan ginjal. Ibu temen saya batu ginjal dan harus menjalani operasi, sementara saudara saya gagal ginjal dan harus menjalani cuci darah. Innalillahi..

Saat membezook saudara saya, dalam satu ruang, ada dua pasien. Pasien yang satu ini juga penyakitnya sama. Gagal ginjal. Pasien ini malah sudah sepekan opname.
Penyakit yang berkait dengan ginjal ini mempunyai resiko yang tidak bisa dikatakan ringan. Semua berkait dengan perilaku hidup sehat para penderitanya.

***
Memenuhi janji untuk update postingan ini, saya akan menambah tentang penyakit gagal ginjal dan batu ginjal yang saya sarikan dari berbagai sumber.

Gagal Ginjal
Penyakit gagal ginjal adalah penyakit dimana fungsi organ ginjal mengalami penurunan hingga akhirnya tidak mampu berfungsi dalam ham penyaringan elektrolit tubuh, menjaga keseimbangan cairan dan zat kimia dalam tubuh seperti sodium dan kalsium di dalam darah dan produksi urine.
Penyakit ini disebabkan oleh penyakit-penyakit serius yang diderita seseorang, seperti hypertensi, diabetes mellitus, dll.
Beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk mencegahnya antara lain dengan secara rutin melakukan pemeriksaan kesehatan menyeluruh sehingga apabila terdapat gejala penyakit -apapun- bisa langsung mendapat penanganan. Dan untuk penderita, harus berhati-hati dalam memilih makanan dan menerapkan pola hidup sehat sejak dini.

Batu Ginjal
Dalam istilah kedokteran, batu ginjal disebut Nephrolithiasis adalah suatu keadaan dimana terdapat satu atau lebih batu di dalam saluran kencing.
Tindakan pencegahan yang bisa kita lakukan adalah dengan menerapkan pola hidup sehat, makan makanan yang berkualitas. Makanan berkualitas bukan berarti makanan mahal, tetapi makanan yang cukup mengandung gizi yang penting untuk tubuh serta banyak minum air.
Secara tradisional, bisa mengkonsumsi air rebusan daun tempuyung atau keji beling. 

2 Responses to "(Update) Sehat Itu Mahal"

  1. kadang penyebabnya cuma karena kebiasaan nunda buang air kecil atau kurang minum, bisa jadi gagal ginjal

    BalasHapus
  2. @Rumahadin, iya bener, tp kalo lagi tanggung kadang suka gitu...

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan berkomentar dengan bijak. Komentar tanpa nama dan tidak bisa dilacak balik atau ada link aktif saya anggap spam