Latest News
Paket Program Hamil

Belajar (lagi) dari Kegagalan


Timnas U23 Indonesia 

Kekalahan yang baru saja dialami oleh TimNas Sepak Bola U23 Indonesia dalam SEA Games 26 melawan Malaysia seharusnya membuat kita semakin memahami bahwa, segala usaha yang kita lakukan –sekeras apapun- bukanlah kita yang menentukan hasilnya. Bahkan dengan rencana dan strategi terbaik, semua tidak akan menjamin keberhasilan.

Bahwa kekalahan –atau kegagalan- itu justru akan mebuat kita semakin bersemangat untuk terus belajar. Pasti akan ada sesuatu yang lebih baik yang akan kita terima. Cuma hikmah itu akan kita ketahui nanti, bukan saat sekarang.

Saya sangat yakin, bahwa usaha timnas u23 kita sudah sangat maksimal. Buktinya sampai pada babak akhir kedudukan 1-1. Ini adalah bukti nyata bahwa usaha mereka sangat maksimal.
Kalau pun toch akhirnya mereka tidak berhasil memboyong medali emas, masih banyak medali emas yang lain.

Lalu dengan berkali-kali gagal, apakah cinta kita kepada timnas IndONEsia akan mengurangi rasa cinta kita kepada tanah air kita. Seharusnya tidak. Toh, dalam SEA Games kali ini, IndONEsia menjadi Juara umum dengan perolehan medali emas terbanyak.

Disinilah rasa cinta kepada Negara ini diuji. Nasionalisme kita sedang diuji. Dengan kondisi seperti ini, apakah kita masih cinta pada Negara kita?
Harusnya rasa cinta kita pada Republik ini justru semakin cinta.

I LOVE INDONESIA…. MERDEKA…!!!

(gambar dari Kompas

4 Responses to "Belajar (lagi) dari Kegagalan"

  1. Setuju! Mereka sdh brusaha sbaik mungkin. Kemenangan bkn utk yg tdk pernah gagal/kalah tp utk yg bangkit setiap x ia gagal :)

    BalasHapus
  2. @Juwita Hsu, yang menah pasti pernah gagal...

    BalasHapus
  3. @Setia Adi, mari tetap dukung timnas...
    bravo timnas...

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan berkomentar dengan bijak. Komentar tanpa nama dan tidak bisa dilacak balik atau ada link aktif saya anggap spam