Latest News
Paket Program Hamil

XLangkah Lebih Maju dengan Internet

Apa yang terlintas di benak Sahabat jika mendengar kata internet? Facebook? Twitter?

Ya, internet saat ini sudah bukan sesuatu yang asing lagi bagi kita. Jika dulu, kita hanya bisa mengakses internet menggunakan PC atau laptop, sekarang, dengan kemajuan teknologi informasi, semua orang bisa dengan mudah mengakses ineternet. Tidak perlu PC atau laptop. Cukup dengan telepon seluler yang mendukung GPRS maka orang bisa mengakses internet. Mau cari berita ada. Mau cari hiburan, banyak. Mau cari yang baik-baik tidak sedikit pula. Pokoknya, semua ada deh di internet.


Penggunaan internet masa sekarang ini sudah merambah berbagi bidang kehidupan. Dalam bidang kesehatan, pertanian, pendidikan, perdagangan, pemerintahan, jasa, dan lain-lain. Semua aspek kehidupan saat ini bisa memanfaatkan internet.

Kita yang hidup di IndONEsia dengan kondisi alam seperti kita bisa lihat. Banyak sekali potensi bencana di sekitar kita. Gempa bumi, banjir, tanah longsor, angin dan banyak lagi.
Seperti saya yang tinggal di Lereng Gunung Merapi perbatasan Yogyakarta dan Jawa Tengah dituntut untuk selalu waspada terhadap ancaman bahaya letusan dan bahaya sekunder lainnya seperti bahaya banjir lahar dingin, dan hujan abu. Apalagi terkait dengan pekerjaan saya di sebuah kantor pemerintah yang salah satu bidang tugas saya adalah berkait dengan masalah penanganan bencana.

Dalam hal penanganan bencana Merapi, pemerintah dan pihak-pihak yang terkait juga sudah memanfaatkan media internet.

Program-program yang sudah dilaksanakan adalah dengan memasang kamera CCTV di daerah bencana, sehingga bisa memantau langsung situasi secara live.Ada lagi, dengan membuat web berisi informasi tentang kebencanaan.


Dalam hal pemanfaatan internet untuk mendukung penanganan bencana, saya sering ditugaskan oleh kantor untuk mengikuti pelatihan-pelatihan yang diselenggarakan oleh pemerintah berkait dengan penggunaan internet dalam penanggulangan bencana. Beberapa bulan yang lalu, saya juga mendapat tugas dari kantor untuk mengikuti pelatihan pengelolaan subdomain Sleman Disaster Information Network (SDIN) di Kampus UII Yogyakarta. Sahabat bisa mengaksesnya melalui alamat http://sdin.slemankab.go.id. Di situs ini, Sahabat bisa melihat dan mengatahui informasi seputar penanganan bencana alam di Kabupaten Sleman. Di situs milik Pemerintah Daerah Kabupaten Sleman itu, Sahabat bisa memabaca posting tulisan saya dengan id penulis masnur


Dan sebelumnya juga mengikuti pelatihan di Fakultas Teknik Geodesi UGM. Pelatihan SIPBA, Sistem Penanggulangan Bencana Alam. SIPBA adalah sebuah portal kolaborasi yang dibuat oleh Fakultas Geodesi UGM bekerja sama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Sleman. Di web ini, kita bisa melihat peta kolaborasi tanggap bencana Merapi. Web ini bisa (sementara) di akses di alamat http://merapi-kolaborasi.ugm.ac.id

Dengan seringnya mengikuti pelatihan semacam itu, saya semakin merasakan manfaat internet dalam berbagai bidang. Dan memang benar bahwa internet membuat XLangkah Lebih Maju.


Sangat naif jika ada yang tahunya internet itu hanya facebook atau twitter. 

6 Responses to "XLangkah Lebih Maju dengan Internet"

  1. hehe.. internet membuat 1000 langkah lebih maju!!!

    BalasHapus
  2. @ndop, 1000 langkah lebih cepat mas...lha aku meh ning nganjuk tinggal klih dzofar.com wes tekan nganjuk je... ha..ha..

    BalasHapus
  3. iyo bener ding mas.. hahah... 1000 langkah lebih mbois..

    BalasHapus
  4. Internet sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  5. >>> Anonim
    betul..betul..betul...

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan berkomentar dengan bijak. Komentar tanpa nama dan tidak bisa dilacak balik atau ada link aktif saya anggap spam