Latest News
Paket Program Hamil

Google Aja Berubah, Masa Kita Enggak!

Raksasa internet dunia, Google benar-benar melakukan perubahan besar-besaran. Lihat saja, hampir semua tampilan inteface berubah. Coba Sahabat perhatikan. Mulai login page gmail, dashboard blogger, Google Adsense, Google Analytics -ini yang saya pakai-. Untuk Google Analytics saya tahunya pas mau ngecek traffik blog saya ini.

Saya mulai menggunakan Google Analyrics sejak tanggal 20 Nopember 2011 yang lalu. Itupun karena syarat dari idBlogNetwork yang mengharuskan semua publishernya memasangnya. Kata mereka, untuk turut memantau perkembangan blog yang jadi publisher mereka. Eh, jadinya malah keterusan.

Coba Sahabat perhatikan gambar berikut ini: (untuk melihat jelas silakan klik di sini)
Perubahan tampilan pada Google Analytics
Perubahan-perubahan yang dibuat oleh Google bukan tanpa maksud. Tetapi memang tidak mudah memulai langkah untuk berubah. Perlu pembiasaan dengan sesuatu yang baru, nanti pelan-pelan akan lebih enak setelah berubah. 

***

Sebagai muslim, kita juga baru saja memasuki tahun baru. Momentum perubahan tahun ini juga harus kita gunakan untuk berbenah. Peristiwa Hijrahnya Rasulullah SAW adalah juga dalam rangka berubah. Lokasi dakwahnya yang pindah. awalnya di Makkah jadi pindah di Madinah dan akhirnya mencapai kegemilangan di Madinah. Pada masa awal hijrah sudah barang tentu di tempat baru harus menyesuaikan. Para muhajirin -orang-orang yang ikut Rasulullah SAW- di tempat baru itu juga harus memulai kehidupan baru. 

Para Sahabat dari Madinah -anshor- menerima mereka -muhajirin- dengan senang hati, tetapi hal ini tidak kemudian membuat para sahabat -muhajirin- berpangku tangan. Coba perhatikan kisah Abdurrahman bin Auf yang ketika hijrah sipersaudarakan oleh Rasulullah SAW dengan seorang Anshor bernama Sa’ad bin Rabi’ ra. Sa’ad kemudian menawarkan separuh hartanya kepada Abdurrahman sebagai perwujudan rasa cinta terhadap saudara barunya. Namun beliau menolak dan hanya minta ditunjukkan jalan menuju pasar untuk memulai bisnis. Padahal kalau mau, Abdurrahamn tinggal menikmati separuh harta dari Sa'ad. Dan akhirnya, Abdurrahman mencapai sukses bisnis dan menjadi salah satu sahabat yang dijamin masuk surga dengan merangkak.

Kembali pada tema perubahan. Saya juga sudah menerapkannya di blog ini dengan semboyan One Day One Post. Perubahan paradigma berpikir bahwa menulis itu gampang. Kiatnya, tanpa terbebani dengan pikiran-pikiran, tulisan saya jelek, tulisan saya akan dibaca orang apa nggak, dan lain-lain yang itu justru akan menghambat pikiran kita. Akhirnya ya, nggak jadi nulis. 

Yuk berubah....

0 Response to "Google Aja Berubah, Masa Kita Enggak!"

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan berkomentar dengan bijak. Komentar tanpa nama dan tidak bisa dilacak balik atau ada link aktif saya anggap spam