Latest News
Paket Program Hamil

Memudahkan Urusan Orang

Dalam interaksi dengan sesama di kehidupan sehari-hari, tidak jarang kita dimintai tolong oleh orang lain. Bisa jadi itu teman, orang tua, saudara bahkan orang yang belum kita kenal sama sekali.
Saat dimintai pertolongan itu, terkadang kita merasa berat untuk mengabulkan. Apalagi jika itu masalah "uang". Kita sering merasa berat untuk membantu. Untuk urusan kecil sekalipun. Dalam hati kita serinmg menggerutu, muka manyun sambil membatin, "Huh.." Dengan berat hati kita melakukannya.

Sahabat, pernah baca hadis ini dari Abu Hurairah RA., dia berkata, Rasulullah SAW bersabda,

“Barangsiapa yang meringankan penderitaan seorang Mukmin di dunia, niscaya Allah akan meringankan penderitaan (kesulitan)nya kelak di hari Kiamat dan barangsiapa yang memudahkan urusan orang yang mengalami kesulitan, niscaya Allah akan memudahkan urusannya di dunia dan akhirat. Siapa saja yang menutupi (aib) seorang Muslim, maka Allah akan menutupi (aib) nya di dunia dan akhirat. Dan Allah selalu menolong hamba-Nya selama si hamba tersebut menolong saudaranya. Siapa saja yang menempuh suatu jalan guna mencari ilmu, maka Allah akan memudahkan baginya jalan menuju surga. Dan tidaklah suatu kaum (kelompok) berkumpul di salah satu rumah Allah sembari membaca Kitabullah dan mengkajinya di antara sesama mereka melainkan ketenangan akan turun di tengah mereka, rahmat meliputi mereka dan malaikat mengelilingi mereka serta Allah akan menyebut mereka di sisi para malaikat. Siapa saja yang menjadi lamban karena amalnya (sehingga amal shalihnya menjadi kurang), maka tidak cukup baginya hanya (bermodalkan) nasab.”

(HR.Muslim)

Setelah membaca hadis ini, harusnya kita mulai mulai merubah kebiasaan buruk kita. Ringankanlah diri untuk senantiasa membantu orang lain yang mengalami kesusahan. Ringankanlah diri untu senantiasa mebantu menyelesaikan urusan orang lain. Inilah sikap seorang mukmin. Dengan keyakinannya kepada janji Allah, maka dia kan dengan ringan memberikan pertolongan kepada sesamanya yang membutuhkan bantuan.

Betapa ruginya kita saat memberikan bantuan tanpa keikhlasan.
Udah capek membantu ga dapat apa-apa, rugi besar, kan?

Yuk, yang ikhlas kalo membantu...

2 Responses to "Memudahkan Urusan Orang"

  1. hai teman, mau belajar blogger template dengan detail silahkan datang ke threelas.com

    BalasHapus
  2. @Putri, wah mau banget.. OK, saya ke tkp

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan berkomentar dengan bijak. Komentar tanpa nama dan tidak bisa dilacak balik atau ada link aktif saya anggap spam