Latest News
Paket Program Hamil

Peta Uang di Internet (part 2)


Setelah kemarin kita bahas dua hal sosial media dan domain, sekarang kita lanjutkan membahas peta uang di internet yang lain.
3. Messengger
Banyak sekali fasilitas instant messenger yang bisa kita manfaatkan. Yang sangat familiar tentu Yahoo Messengger. BBM, Nimbuzz, Skype dan lain-lain. Untuk menjalani bisnis intenet kita harus membangun kepercayaan dari para pelanggan atau orang yang memanfaatkan jasa kita atau yang membeli produk kita. Salah satu cara untuk membangun kepercayaan itu adalah kita bisa dengan mudah dihubungi. Dengan memanfaatkan fasilitas IM (instant messeging) kita bisa membangun kepercayaan itu. Di web bisnis, kita cantumkan nomor kontak, email dan harusnya juga ada fasilitas IM

4. Video
Berapa banyak selebritis di Indonesia bahkan dunia yang mencapai popularitas dari video sederhana di YouTube? Banyak… Sebut saja kalau di Indonesia ada Udin Sedunie, Briptu Norman Camaru, yang terbaru ada Ayu Ting Ting. Nah, bisnis internet juga bisa memanfaatkan cara berpromosi melalui video yang kita upload di YouTube.
YouTube, tempat kita berbagi video gratis itu bisa kita manfaatkan untuk promosi bisnis kita. Nggak perlu kamera mahal. Bahasa kasarnya, kamera handphone juga bisa. Contohnya saya pernah up load video yang saya rekam pakai kamera handphone.
Ada lagi contoh lain. Silakan coba search di YouTube, Brownies Gandum. Itu video dibuat dengan kamera sederhana. Sahabat tahu hasil dari promosi pakai video di YouTube itu? Tidak kurang 200 paket brownies setiap hari diproduksi untuk memenuhi permintaan pelanggan.

5. Email
Email bukan barang baru bagi kita. Seorang blogger pasti punya email. Tapi, apakah kita sudah memanfaatkan email untuk mendongkrak bisnis kita?
Ada beberapa hal yang mestinya kita perhatikan saat membuat email
a. Hindari penggunaan gabungan huruf dan angka
Misal: akhnurhadi2324@gmail.com
Email seperti itu menyusahkan dalam mengingat dan dalam pengejaan.
Akan lebih enak jika seperti ini: akhnurhadi@gmail.com
b. Hindari penggunaan tanda baca seperti _ (underscore), – (strip) atau . (titik)
Misal: akh_nurhadi@gmail.com atau akh-nurhadi@gmail.com atau akh.nurhadi@gmail.com
Tidak enak banget kan bacanya?
c. Gunakan kata yang tidak terlalu panjang
Misal Sahabat bebisnis jasa pembuatan web murah, mau buat email:
jasapembuatanwebmurah@gmail.com
pilih saja, webmurah@gmail.com
Intinya, buat email yang mudah diingat orang lain. Jangan egois, “Ini email gue, terserah gue donk mau kayak apa?”

Lanjut lagi pada tulisan berikutnya… insyaALLAH…

0 Response to "Peta Uang di Internet (part 2)"

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan berkomentar dengan bijak. Komentar tanpa nama dan tidak bisa dilacak balik atau ada link aktif saya anggap spam