Latest News
Paket Program Hamil

Penipuan Melalui Facebook: Hati-hati..!!

Penipuan melalui facebook, mungkin Sahabat sudah sering mendengar kata-kata tersebut. Dan meskipun kita sudah sering mendengar dan melihat berita tentang penipuan melalui facebook ini tetap saja masih banyak yang menjadi korban.

Untuk itu, kita perlu berhati-hati. Modus penipuan melalui facebook ini sangat beragam. Paling banyak, pelaku mengaku sebagi penjual -apa saja- di facebook.Barang elektronik, fashion, jasa dll.

Awalnya, mereka membajak akun facebook. Salah satu modus membajak akun facebook yang cukup populer adalah dengan membuat fake login facebook atau halaman login facebook palsu. Ini persis yang saya alami baru-baru ini.

Awalnya, saya sedang buka facebook. Tiba-tiba saja di kotak chat ada pesen masuk. Seseorang mengirim pesan:
sekedar info buat pengguna FB di indonesia..
apa FB nya udah di update blom..
klo blom segra update,karna klo blom di update maka FB nya akan ke blokir untuk selama2nya..
cara update FB kita gampang kok..
tinggal klik link ini sj..
http:// jopark . be/ includes / facebook
segera update sebelum FB nya ke blokir
Perhatikan tulisan yang saya tebalkan. Sebuah link yang jika kita klik akan mengarah ke sebuah halaman yang sangat mirip dengan halaman login facebook. Jika kita tidak berhati-hati dan terpengaruh dengan pesan yang disampaikan, maka kita akan segera memasukkan ID dan password facebook kita. dan saat itulah kita dengan "suka rela" memberikan semua kunci masuk ke akun facebook kita kepada orang yang bahkan berpotendi berbuat jahat.

Ini dia, penampakan halaman login facebook palsu. Perhatikan bagian yang saya tandai panah merah. (klik gambar untuk memperbesar)

penipuan-melalui-facebook-fake-login-facebook
Halaman login facebook palsu
Setelah kaun kta berhasil dibajak, ya kita pasti akan kena imbasnya. Bayangkan, jika akun kita digunakan untuk melakukan tindakan kajahatan, sudah pasti nama kita juga akan ikut tercemar.

Langkah antisipasi jika kejadianna seperti ini adalah selalu perhatikan alamat/URL yang ada pada address bar. Jika bukan seperti berikut ini:

kita harus segera meninggalkannya. Jangan mencoba memasukkan apapun.

Coba Sahabat perhatian dalam gambar, pada address bar tertulis URL :
http:// jopark . be/ includes / facebook


OK Sahabat, ini dulu sharing untuk kehati-hatian kita dari penipuan melalui facebook. Semoga bermanfaat

4 Responses to "Penipuan Melalui Facebook: Hati-hati..!!"

  1. Kemarin di kaskus juga ada thread yang nampilin suatu URL yang mirip seperti itu. Tapi bukan jopark. Apa kemarin lupa. Sy runut di history ga ketemu e.

    BalasHapus
  2. >>> febriosw
    Kita memang harus selalu berhati2 krn dengan kemajuan teknologi dan kemudahan beraktivitas online juga mengundang orang untuk berbuat kriminal...

    WASPADALaH!!

    BalasHapus
  3. thanks atas informasinya gan , saya akan lebih berhati hati dengan fake login facebook

    BalasHapus
  4. >>>myhafiezers
    Iya gan, kita bisanya lebih berhati-hati...

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan berkomentar dengan bijak. Komentar tanpa nama dan tidak bisa dilacak balik atau ada link aktif saya anggap spam