Latest News
Paket Program Hamil

Tips Berbicara di Depan Umum

tips-berbicara-di-depan-umum
Berbicara di depan umum
Sebentar lagi, kita memasuki bulan Ramadhan. Dalam bulan Ramadhan, masjid-masjid biasanya akan menyelenggarakan jama'ah sholat tarawih. Nah, kebiasaan yang ada, diantara sholat isya' dan tarawih, diselingi dengan kultum atau kuliah tujumh menit meskipun kadang lebih dari tujuh menit.

Seperti juga di masjid kampung saya, selama Ramadhan besok ini, juga ada kultum menjelang sholat tarawih. Dan kebetulan saya mendapat jatah unutk turut mengisi kultum itu. Nah, untuk menambah wawasan, saya mencoba mencari tips berbicara di depan umum. Semoga tips berbicara di depan umum berikut ini bermanfaat.

1. Persiapkan materi yang relevan.
Kita biasanya diminta mengisi suatu acara. Maka kita menyiapkan meteri utnuk kita sampaikan. Kita biasanya akan bertanya tentang acara apa itu? Siapa audiennya? Kapan waktu dilaksanakannya?

Jangan sampai terjadi acara untuk anak-anak, kita menyiapkan materi untuk orang tua atau orang dewasa. Tentu itu tidak pas.

2. Kuasai Materi
Setelah menyiapkan materi yang relevan, kuasai materi tersebut. Dengan membaca berulang kali materi itu akan kita kuasai. Tidak perlu sampai hafal kata per kata. Cukup secara garis besar dari materi itu.

3. Buat catatan kecil di kertas.
Buat catatan dalam kerta kecil atau kalau sekarang bisa menggunakan handphone yang ada fasilitas membuat note atau catatan. Ini diperlukan untuk membantu mengingat materi yang kita sampaikan dan untuk menjaga urutan materi dari awal sampai akhir sehingga materi runtut.

4. Kuasai audiens (pendengar)
Sebelum memulai berbicara, edarkan pandangan ke seluruh audiens (pendengar). Ini akan membantu kita mengurangi gerogi atau demam panggung. Tebar senyum ke audiens. Buat sedikit canda. Ini akan membuka perhatian audiens.

5. Siapkan penampilan yang nyaman.
Penampilan akan sangat berpengaruh pada kelancaran presentasi yang kita lakukan. Jangan sampai ada hal-hal kecil yang bisa mengganggu penampilan. Misalnya saja kancing baju yang terlepas, resliting yang terbuka atau pakaian yang tidak pas dengan ukuran badan (kekecilan atau terlalu besar).

6. Datang ke acara lebih awal
Datang terlambat akan membuat kita tergesa. Sehingga saat sampai waktu untuk tampil kita masih sibuk menyiapkan materi.

OK Sahabat, itu tadi beberapa tips berbicara di depan umum untuk acara apapun tidak terbatas pada ceramah kultum di masjid saat Ramadhan nanti. So,  tips berbicara di depan umum ini semoga bermanfaat.


SELAMAT BERPUASA.......!!!!

2 Responses to "Tips Berbicara di Depan Umum"

  1. doakan saya gan ya :) penampilan ini yang harus dijaga /

    BalasHapus
  2. Tambah juga membangun kepercayaan diri untuk tampil di depan umum

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan berkomentar dengan bijak. Komentar tanpa nama dan tidak bisa dilacak balik atau ada link aktif saya anggap spam