Latest News
Paket Program Hamil

Cara Alami Mengatasi Sakit Gigi

Sakit Gigi Saat Lebaran

Hai Sahabat, masih dalam suasana lebaran ini. #eh, met Lebaran dulu ya buat Sahabat yang merayakan, maafin ya salah-salah saya. Saat lebaran sudah menjadi tradisi di Indonesia, kita saling berkunjung ke rumah saudara. Nah, saat kumpul semua saudara, pasti ada acara makan-makan. Makanan apa saja biasanya tersaji. Mulai dari yang ringan-ringan sampai yang berat. Nggak enak kan, kalo saat-saat seperti ini "diwarnai' dengan derita sakit gigi? Ya iyalah, yang lain pada enak-enak makan, kitanya sakit gigi.

4 Masalah Gigi dan Penyebabnya


1. Karies Gigi
cara-alami-mengobati-sakit-gigi
Sakit gigi
Karies adalah nama kolektif untuk kerusakan gigi di enamel (zat di mahkota gigi), sementum (zat di akar gigi), dan dentin (zat di tengah antara mahkota dan akar).Gigi dapat berlubang karena bakteri tertentu yang memproduksi asam laktat dari hasil fermentasi karbohidrat seperti sukrosa, fruktosa, dan glukosa.

Gigi terutama terdiri dari mineral yang secara konstan mengalami proses demineralisasi dan remineralisasi. Demineralisasi terjadi karena pemakaian gigi, terutama karena makan makanan yang mengandung asam. Remineralisasi gigi terjadi dengan bantuan air liur, pasta gigi ber-flouride, dan obat kumur. Ketika pH pada permukaan gigi turun di bawah 5,5 karena asam laktat yang diproduksi bakteri, demineralisasi lebih cepat dari remineralisasi sehingga gigi “tekor” mineral. Hal ini dapat mengarah ke gigi berlubang.

Gigi berlubang harus segera ditangani oleh dokter gigi agar tidak berkembang menjadi parah sehingga harus dicabut, atau bahkan menyebabkan infeksi berbahaya. Dokter gigi akan membor lubang untuk membersihkan kerusakan dan kemudian menambal gigi dengan implan.

2. Gigi longgar
Gigi longgar dapat terasa sangat menyakitkan saat mengunyah makanan. Penyebab gigi longgar biasanya adalah penyakit pada gusi (gingivitis, periodontitis), meskipun bisa juga disebabkan oleh kecelakaan atau benturan. Untuk mengatasi gigi longgar, dokter gigi harus menghilangkan penyakit pada gusi dengan pembersihan gigi (scaling) dan pengobatan. Gigi yang sedikit goyang masih dapat diperkuat dengan menambatkan ke gigi di dekatnya. Gigi yang goyang ke segala arah harus dicabut.

3. Erosi gusi
Gusi yang mengalami erosi akan mengekspos akarnya sehingga menjadi sensitif terhadap makanan/minuman panas, dingin dan asam. Erosi gusi bisa disebabkan karena menyikat gigi terlalu keras atau karena penyakit gusi.

Erosi gusi berlangsung bertahap dalam waktu lama sehingga lebih umum pada mereka yang berusia di atas 40 tahun. Penderitanya tidak memperhatikan atau menganggap serius sampai menjadi masalah. Bila penyebab erosi adalah terlalu keras menyikat gigi, Anda harus mengganti sikat dengan yang lebih halus dan mengurangi tekanan.

Erosi gusi hanya bisa dibetulkan dengan cangkok gusi, sebuah prosedur operasi plastik yang hanya bisa dilakukan oleh dokter gigi spesialis.

4. Infeksi kanal akar gigi
Kanal akar gigi yang terinfeksi bisa sangat menyakitkan dengan rasa nyeri yang menyebar ke daerah lain di wajah dan tengkorak. Tubuh mempertahankan diri dari infeksi sehingga menyebabkan peradangan. Kadang-kadang terjadi abses (nanah) dalam akar gigi yang dapat menetap di dalam tulang rahang pasien selama bertahun-tahun dan terus-menerus menyebarkan bakteri ke dalam aliran darah penderitanya.

Infeksi kanal akar gigi dapat membuat gigi mati sehingga harus dicabut. Mempertahankan gigi mati bukanlah pilihan. Penggunakan herbal, vitamin, atau bahkan resep antibiotik biasanya tidak memecahkan masalah bila tanpa diikuti ekstraksi dan pembersihan kanal akar gigi dan jaringan sekitarnya.

Cara Alami Mengatasi Sakit Gigi

Nah, kalo Sahabat ada yang saat ini mengalami sakit gigi, saya ada tips bagaimana cara alami mengatasi sakit gigi, berdasarkan pengalaman pribadi yang kebetulan lebaran ini saya mengalami sakit gigi :(. Simak baik-baik.

1. Sikatlah pada bagian gigi yang sakit.
Tips mengatasi sakit gigi secara alami yang pertama dari saya adalah dengat menggosok gigi. Lakukan lebih lama dari pada saat sikat gigi biasa. 5 atau 10 menit. Pokoknya sampai tangan pegel. He..he.. Tips ini saya dapat dari saudara saya. Bahkan orang yang ngasih tahu tips ini bilang, digosok sampai berdarah. Tapi saran saya jangan. Karena bisa berbahaya. Kita tidak tahu ada bakteri apa dalam mulut. Salah-salah bisa terkena infeksi akibat bakteri yang masuk melalui luka.

2. Dipijit pakai ujung peniti pada kulit luar bagian gigi yang sakit
Cara alami mengatasi sakit gigi dari saya adalah dipijit pakai ujung peniti pada kulit luar bagian gigi yang sakitIngat, bukan di tujuk, tapi dipijit. Kalau ditusuk, posisi peniti tegak lurus, tapi dipijit, posisi peniti direbahkan. Tekan-tekan beberapa lama. Sampai hilang sakitnya.

3. Berkumur dengan air hangat
Ini cara mengatasi sakit gigi yang juga alami. Ambil air hangat dari thermos, diamkan sebentar supaya berkurang panasnya. Setelah kita berani dengan panasnya, pakailah unutuk berkumur-kumur seperti biasa. Arahkan airnya yang masih hangat itu ke bagian gigi yang sakit. Buang airnya, lalu ulang-ulangi secukupnya.

4. Berkumur dengan air rebusan daun sirih.
Tips cara alami mengobati sakit gigi yang lain dari saya adalah dengan berkumur menggunakan air rebusan daun sirih. Rebus beberapa lembar daun sirih dengan air secukupnya sampai mendidih. Gunakan air hasil rebusan itu untuk berkumur. Caranya sama dengan tips mengobati sakit gigi yang nomor 3 diatas. Ambil air rebusan daun sirih secukupnya menggunakan gelas atau wadah yang lain, diamkan sampai hangat saja lalu gunakan untuk berkumur.

OK Sahabat, itu tadi beberapa tips mengobati sakit gigi secara alami dari saya  semoga bermanfaat untuk sahabat yang sedang mengalami sakit gigi. 



Link sumber

2 Responses to "Cara Alami Mengatasi Sakit Gigi"

  1. pengalaman pribadi, selembar daun sirih dicuci bersih, gulung2 hinga bulat, kemudian kunyah2 di gigi yang sakit hingga terasa ada cairan daun sirih di sela2 gigi, setelah daun sirih terasa hancur, masukan sedikit air ke mulut, kumur gigi yang sakit bersama lumatan daun sirih tadi, kemudian buang, bersihkan sisa2 ampas sirih dalam mulut dengan lidah, boleh kumur lagi sedikit saja supaya kandungan daun sirih tidak hilang, Insya Allah enakan.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan berkomentar dengan bijak. Komentar tanpa nama dan tidak bisa dilacak balik atau ada link aktif saya anggap spam