Latest News
Paket Program Hamil

Cewek Jogja: Apa dan Bagimana?


Cewek Jogja. Hmm, apa yang Sahabat bayangkan saat mendengar istilah “cewek Jogja”. Sosok perempuan dengan penampilan yang semlohay, kulit puth, body aduhai bikin mata “berkunang-kunang”.. Ho..ho..
Yang akan saya bahas di sini tentu bukan yang begitu-begitu. Istilah cewek Jogja memang mempunyai kesan negatif atau kalau dalam pelajaran Bahasa Indonesia jaman doeloe istilah cewek Jogja itu mempunyai makna yang berkonotasi negatif.
Istilah cewek sendiri menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia cewek /ce•wek/ /céwék/ noun: cak sebutan kepada wanita atau perempuan yg masih muda (gadis). Berbeda dengan kata “wanita” yang menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia kata wanita /wa•ni•ta/ noun: perempuan dewasa: kaum -- , kaum putri (dewasa);

Meskipun sebenarnya kata cewek artinya demikian, tidak ada konotasi negatif tetapi karena kebiasaan penggunaannya, kata cewek tetap saja berkonotasi negatif. Sebagaimana sebuah pepatah arab yang mengatakan,  bergaul dengan penjual minyak wangi akan ikut wangi, bergaul dengan penjual ikan akan ikut amis. Demikian juga dengan kata cewek. Kata ini lebih sering digunakan pada istilah-istilah yang berkonotasi negatif. Seperti istilah cewek panggilan, dan lain-lain.

Ketika kata cewek digabungkan dengan Jogja -yang kita semua tahu-, Jogja (Jogjakarta/Yogyakarta) yang nota bene terkenal sebagai kota pelajar dan budaya akan membawa kesan negatif terhadap Kota Jogja dan Jogjakarta pada umumnya. Karena orang akan membayangkan hal-hal negatif ketika mendengar istilah “cewek Jogja”. Kesannya jadi Jogja ikut negatif. Lepas dari kenyataan bahwa memang ada cewek Jogja yang memang “negatif” kelakuannya, tetapi jika membawa nama Jogja maka saya sebagai warga asli Jogja juga merasa agak gimana gitu.

hasil-pencarian-google-kata-kunci-cewek-jogja
Screenshoot pencarian Google dengan kata kunci cewek Jogja

Nah, bekait dengan istilah cewek Jogja, saat ini sedang berlangsung kampanye pembersihan kata kunci “cewek Jogja” dari konten negatif di internet. Kampanye yang di selenggarakan oleh Komunitas Blogger Jogja ini bertujuan untuk membersihkan kata kunci cewek Jogja di internet dari konten negatif. Dan setelah beberapa waktu lalu di lounching, kampanye dengan kata kunci cewek Jogja bisa di atasi, terbukti jika kita mengetikkan kata “cewek Jogja” di browser, maka yang muncul di halaman pertama Google hampir semua adalah postingan dari temen-temen anggota Komunitas Blogger Jogja.

Komunitas-Blogger-Jogja-Peduli-Konten-Positif
Komunitas Blogger Jogja Peduli Konten Positif
Meskipun harus tetap diakui bahwa apa yang sudah ada dan tersebar di internet itu tidak bisa dihilangkan, minimal apa yang temen-temen anggota Komunitas Blogger Jogja lakukan bisa membabat hasil pencarian di mesin pencari.

Dengan slogan baru, Komunitas Blogger Jogja Peduli Konten Positif semoga bisa tetap eksis dan bisa menjaga komitmen kepedulian terhadap konten positif.



Salam Maksimal Dab…

1 Response to "Cewek Jogja: Apa dan Bagimana?"

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan berkomentar dengan bijak. Komentar tanpa nama dan tidak bisa dilacak balik atau ada link aktif saya anggap spam