Latest News
Paket Program Hamil

30 September

bung-tomo-pahlawan-nasional
Bung Tomo
Apa yang terbayang di benak Sahabat ketika mendengar atau membaca "30 September". Jika sahabat sudah berumur seperti saya, 30an tahun (ngakunya, padahal lebih..he..he..) pasti inget jaman dulu ada film yang selalu diputar di TVRI. Yap, betul. Film G 30 S/PKI. Sebuah film yang menceritakan kisah pemberontakan PKI.

Gerakan 30 September atau yang sering disingkat G 30 S PKI, G-30S/PKI, Gestapu (Gerakan September Tiga Puluh), Gestok (Gerakan Satu Oktober) adalah sebuah peristiwa yang terjadi selewat malam tanggal 30 September sampai di awal 1 Oktober 1965 di mana enam perwira tinggi militer Indonesia beserta beberapa orang lainnya dibunuh dalam suatu usaha percobaan kudeta yang kemudian dituduhkan kepada anggota Partai Komunis Indonesia. (id.wikipedia.org)

Saya tidak akan membahas tentang ihwal peristiwa G 30 S/PKI ini. Saya sekedar mengingatkan Sahabat semua tentang sebuah peristiwa yang pernah terjadi di republik ini dan sudah sepatutnya kita sebagai generasi muda tidak melupakan sejarah -lepas dari pro kontra peristiwa ini.

Ya, sejarah perjuangan menegakkan negara ini yang dilumuri darah para pejuang yang gugur di medan laga. Apakah pantas jika kemudian kita melupakan mereka? Juga para pejuang yang sampai saat ini masih dikaruniai umur panjang.

Miris aja ketika ada berita tentang para veteran yang saat ini hidup menderita. Kita seolah menjadi orang yang ibarat kacang lupa akan kulitnya. Atau ungkapan lain, habis manis sepah dibuang. Apakah cukup negara memberi penghargaan kepada mereka dengan selembar piagam tanda pahlawan? Sementara mereka yang kebnayakan sudah renta itu masih membutuhkan nafkah untuk sekedar menyambung hidup.

Melalui tulisan ini saya mengajak kepada Sahabat semua, mari kita sebagai generari muda meneruskan estafet negeri ini dengan menjadi generasi muda yang berguna. Tahu makna perjuangan para pendahulu kita. Kita saat ini tinggal mengisi kemerdekaan ini dengan bekerja keras untuk mewujudkan IndONEsia yang maju, sejahtera, adil dan makmur.

tawuran-pelajar
Pelaku tawuran pelajar
Miris juga kemarin melihat pemberitaan tentang tawuran pelajar yang sampai ada korban jiwa. Kita tidak bisa hanya menyalahkan salah satu pihak. Menuru saya, semua pihak punya andil kesalahan. Orang tua yang kurang pas memberikan teladan di rumah, anak yang membangkang kepada orang tua, sekolah yang hanya mengejar prestasi akademis yang penting jadi sekolah favorit, sistem pendidikan yang tidak pas.

Mari berbenah. Seperti petuah Aa Gym, 3M. "Mulailah dari diri sendiri, Mulailah dari hal-hal kecil, dan Mulailah dari sekarang".

4 Responses to "30 September"

  1. ia pak setuju... anak muda jaman sekarang harusnya melihat dari peristiwa g30 s/pki

    gak ada gunananya :D

    BalasHapus
  2. saya berpendapat dengan artikel bapak tentang 30 s/pki di mana kita terbayang film dan bebrapa yang ada dipikiran kita masing masing tentang PKI itu

    BalasHapus
  3. ia bener pa admin,.
    tapi kenapa ya film Gerakan 30 September PKI sekarang mah ga di tayangin.?

    BalasHapus
  4. Hey there outstanding blog! Does running a blog like this take a lot of work?
    I've no understanding of computer programming but I had been hoping to start my own blog in the near future.
    Anyways, if you have any suggestions or techniques for new blog
    owners please share. I understand this is off topic
    but I simply wanted to ask. Thanks!

    Feel free to visit my page real Flame fireplaces (past.Is)

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan berkomentar dengan bijak. Komentar tanpa nama dan tidak bisa dilacak balik atau ada link aktif saya anggap spam