Latest News
Paket Program Hamil

Cara Setting Post Via Email Pada Wordpress Self Hosting

Bagaimana cara setting posting via email pada wordpress self hosting? Trik yang baru saya terapkan ini baru saya tahu belum lama. Dan teknik ini saya dapat ada "sejarah" yang mengawali.

Cerita awalnya adalah sebagai admin sebuah web toko online dengan model dropship menggunakan grup BB, saya kadang kerepotan untuk memposting produk dari grup BB ke web. Harus kopi file gambar dulu ke PC baru diposting manual ke web. Ini sangat membosankan. Dan lagi waktu saya sangat terbatas karena harus mengerjakan hal lain.

Berawal dari masalah itu, saya kemudian mencari-cari, bertanya ke mbah Gugel, bagaimana cara setting posting via email pada wordpress self hosting? Dan akhirnya saya menemukan sebuah blog yang menjelaskan carra tersebut Ternyata dengan meggunakan sebuah plugin yang gratis.

Jadi gini. Secara default, pengeposan melalui email itu bisa dilakukan dengan cara masuk ke dashboard wrodpress >> setting >> writing >> pilih post by email. Pada wordpress non self hosting atau subdomain wordpress.com (domain.wordpress.com) itu sangat mudah dilakukan. Dan kita akan mendapat email khusus untuk bisa melakukan posting melalui email. Kita cukup kirim email ke email khusus tersebut dan postingan kita otomatis akan terpublish.

Tetapi hal ini menjadi berbeda jika web kita adalah web self hosting yang berbasis wordpress. Karena untuk setting pengeposan melalui email kita harus membuat email sendiri dan layanan email sendiri. Ini tidak mudah bagi sebagian orang. Bagi saya ini tidak mudah. Akhirnya gugling lagi dan menemukan setting cara posting via email pada wordpress self hosting.

Dengan menggunakan plugin gratisan bernama Jetpack ini, kita sebenarnya bisa melakukan banyak hal. Untuk mendapatkan plugin ini juga tidak sulit.

Dari dashboard wordpress >> plugin >> add new >> pada kolom pencarian plugin, ketikkan katak kunci jetpack, lalu setelah muncul hasil pencarian, pilih plugin "Jetpack by Wordpress.com" dari hasil pencarian lalu klik istall plugin.

Langkah selanjutnya ikuti gambar:
1. Dari dashboard, klik Jetpack lalu ikuti pentunjuk gambar.

2. Dari situ kita akan masuk ke setingan Jetpack.
Klik Connect to Wordpress.com. Silakan buat akun di wordpress.com seperti membuat blog pada wordpress.com. Setelah berhasil, membuat akun di wordpress.com silakan lanjutkan pada proses berikutnya   (aktivasi dan koneksikan).

3. Kembali ke dashboard wordpress kita. Untuk mengaktifkan fitur Post By Email pada Jetpack, ada 2 pilihan.
Pertama,
Dari dashboard wordpress >> pilih Jetpack >> pilih fitur Post by Email
Klik Configure dan kita akan dibawa pada menu User.

Kedua
Dari dashboard wordpress, kita langsung pilih menu User >> pilih user kita lalu scroll ke bawah akan muncul menu baru yaitu "Post by Email". 

Klik enable post by email

dan kita akan mendapat email khusu untuk pengeposan melalui email.

Kedua cara ini pada prinsipnya sama saja. Simpan email rahasia ini jangan sampai diketahui orang lain. Dan kita sudah bisa menggunakan email ini untuk membuat posting di web berbasis wordpress self hosting.

Bagi sahabat pengguna BB, kita tinggal kirim email ke email khusus tersebut untuk memposting jualan kita dari grup BB. Memang masih perlu beberapa edit, seperti kategori, tag, dan lain-lain secara manual. Tetapi menurut saya ini sudah membuat pekerjaan kita memposting produk dari grup BB ke web lebih mudah. 

Sebenarnya, plugin Jetpack ini bisa unutk banyak keperluan, dan fitur post by email ini hanya salah satu dari beberapa fitur yang disediakan oleh Jetpack. Sahabat bisa mencoba fitur-fitur yang lain. Sementara yang saya sharing baru cara setting posting via email pada wordpress self hosting

Ok Sahabat, ini dulu sharing saya tentang cara setting posting via email pada wordpress self hosting. Sekiranya masih perlu penjelasan teknis, silakan berkomentar di bawah atau hubungi saya sms 0896 0703 1117 atau add pin BB saya 23313a89.

Semoga berkenan.

8 Responses to "Cara Setting Post Via Email Pada Wordpress Self Hosting"

  1. Matur suwun pak... berhasil membuat auto blog via tutor ini ...xixi

    BalasHapus
  2. Sama, saya juga terima kasih.. sukses terus mas admin. Berkunjung di web saya ya greenbusines.com

    BalasHapus
  3. Thank Gan Infonya .. sangat bermanfaat ..

    BalasHapus
  4. cara ini masih berlakukah? Soalnya koq gagal terus ya?

    BalasHapus
  5. ok mas sangat bermanfaat www.aslipermata.com

    BalasHapus
  6. Ternyata dengan menggunakan jetpak terasa lebih mudah melakukan post via email ketimbang harus mengaturnya lewat pengaturan default wordpress. Terima kasih atas tutorialnya gan

    BalasHapus
  7. Gan Gimana caranya agar kita bisa replay ke email orang dari email yang kita cutstom misal ahmad@domainkita.com. Jadi setiap replay atas email itu bukan emaail pribadi kita.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan berkomentar dengan bijak. Komentar tanpa nama dan tidak bisa dilacak balik atau ada link aktif saya anggap spam