Latest News
Paket Program Hamil

Waspadai Teman Dekat Anda!

Apa kabar para fans...
kangen ya? :p

Hampir 5 bulan ndak update. Dasar blogger malas! Baiklah... Aku terima itu.. #akurapopo
Oya, saya sekedar mau berbagi saja. Ini pengalamanku yang belum lama terjadi. Jadi gini, sebagai pengguna facebook, saya biasalah OL . Tiba-tiba ada inbox dari orang yang saya kenal dekat. Biar nggak kebanyakan nulis, nih saya kasih gambarnya saja...


Kejadian ini bukan hanya sekali kemarin itu. Dulu sekitar bulan Nopember 2013 juga kejadian hal yang mirip. Dan untungnya kedua orang yang menghubungi saya itu saya kenal baik dan saya mempunyai kontaknya berupa nomor HP dan PIN BBM..-#eh yang mau ADD pin saya, silakan 7D0FA0A0 :p -. 

Jadi saya bisa melakukan verifikasi kepada orangnya langsung. Dan akhirnya saya bisa tahu ini akun sedang dipakai oleh orang yang tidak bertanggungjawab. Sekaligus saya bisa memberitahu yang bersangkutan bahwa akun facebook dia kena "hack". Sebenarnya bukan "kena hack" sih istilah yang pas. Biar enak saja gitu. Dan semua orang paham maksudnya.


Dan ada satu lagi pengalaman temen saya yang kehilangan akun facebook yang dia pakai untuk berjualan. Kasihan dia, padahal dari jualan itu, omset sudah puluhan juga per hari.
kejadiannya yang ini agak berbeda. Dia mendapat pesan di inbox facebook berisi link, lalu dia -temen saya- klik link tersebut. Kena deh.. akunnya kena phising.

Oke, itu pengalaman saya. Lalu bagaimana caranya agar Sahabat ndak kena tipu? Caranya ya lakukan seperti yang saya lakukan. Verifikasi dia pake kontak pribadi. Bisa SMS/telpon atau via BBM atau yang lainnya. Suruh dia yang kirim pesan ke Sahabat.

Jika dia memang temen kamu dan bukan orang yang mau nipu, pasti dia akan melakukan apa yang kamu suruh, Kalo ndak mau, ya bisa dipastikan itu hanya penipuan.

Ok gitu saja sharing saya cara aman bermain facebook. Semoga bermanfaat. 

11 Responses to "Waspadai Teman Dekat Anda!"

  1. tips yang bermanfaat pak..
    semoga para pengguna FB semakin berhati2 :)

    BalasHapus
  2. Zuper, terima kasih tipsnya.

    BalasHapus
  3. Kejahatan jaman sekarang, banyak macamnya ya...

    BalasHapus
  4. Wow, trik yg simpel. AKu nek enek konco njaluk duik utowo utang selalu aku wawancara disik. Ada rahasia2 pribadi yg biasanya jadi "password" pembuka suatu obrolan yg mencurigakan huahahhaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas ndop...
      sebagai alat utk menverifikasi keasilan seseorang... :D

      Hapus
  5. ketemu juga di sini. mampir meninggalkan jejak

    BalasHapus
  6. Selamat datang mas Eko Sang Pencerah...

    BalasHapus
  7. Untung ada tips ini. Masalahnya saya kalo sama akun orang yang saya kenal ya waton iya iya aja. Thank for sharing pak. :D :D salam KBJ

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan berkomentar dengan bijak. Komentar tanpa nama dan tidak bisa dilacak balik atau ada link aktif saya anggap spam