Latest News
Paket Program Hamil

Cara Mengoptimalkan Google Plus (G+) untuk Bisnis

Sahabat, sudah tau kan ada media sosial besutan Google yang namanya Google Plus biasa disebut G+ (baca Jiplus)? Ternyata Google Plus ini sangat powerfull untuk mendongkrak bisnis kita. Lalu bagaimana caranya memanfaatkan google plus ini untuk bisnis kita?


Selama ini, yang akrab kita gunakan untuk meunjang kita berjualan adalah facebook, twitter, istagram, BBM., tetapi kita belum memanfaatkan google plus untuk bisnis.

Sebelum kita lanjutkan pembahasan cara memanfaatkan google plus untuk bisnis. mari kita samakan persepsi terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan google plus.

Apa itu Google Plus?
Dari Wikipedia:  Google+ atau Google  Plus adalah  jejaring  sosial  yang  dioperasikan  oleh  Google Inc. Google+  dilaunching  pada  28  Juni  2011  dengan  sistem undangan  untuk diujicoba. Di  hari tersebut,  pengguna  Google+  diijinkan  untuk  mengundang  teman  di atas  18  tahun,  untuk membuat  akun. Namun,  ini  segera  dihentikan  sehari  kemudian setelah pembuatan akun semakin membeludak.

Saat ini, pengguna Google Plus sudah menempati posisi ke-5 pengguna media sosial seperti dilansir oleh We Are Social.


Melihat jumlah pengguna yang sangat banyak ini, kita melihat ada potensi yang sangat besar untuk memanfaatkan google plus sebagai pendongkrak bisnis kita.

Sebagaimana media sosial lainnya, pengguna Google Plus diijinkan untuk berbagi, saling berteman, dan saling terhubung.

Fitur apa saja yang ada di Google Plus?
Banyak fitur yang ada di Google Plus. Beberapa yang kita bisa maksimalkan antara lain:
1. Profil
Sebuah profil dari user/pengguna yang disediakan di Google Plus yang memungkinkan Anda menampilkan diri pada Google produk dengan pengguna Google lainnya. Dengan Google Profile, memungkinkan Anda untuk mengontrol bagaimana Anda muncul di Google dan memberitahu orang lain tentang siapa Anda. Dengan Google Profile, Anda dapat dengan mudah berbagi konten dari situs/blog Anda dengan Google user yang lain pada satu lokasi saja. Anda dapat menyertakan link ke blog Anda, foto online, dan profil lainnya seperti Facebook, LinkedIn, Twitter dan banyak lagi.

Hal penting tentang profil Google :
Mengubah nama Anda di profil berarti mengubah nama Akun Google Anda juga. Perubahan ini akan berlaku pada produk Google lain, seperti Gmail dan Docs.
Menghapus profil Anda tidak akan menghapus Akun Google Anda.
Orang-orang yang memiliki alamat email Anda dapat melihat link profil yang terkait dengan alamat email.

2. Lingkaran (Circle)
Google Circle ini memungkinkan pengguna untuk mengatur orang atau teman dalam kelompok-kelompok Lingkaran untuk berbagi di berbagai produk Google dan layanan. Meskipun pengguna lain mungkin dapat melihat daftar orang-orang dalam koleksi Lingkaran Anda, mereka tidak dapat melihat nama-nama dari kelompok Lingkaran. Pengaturan privasi juga memungkinkan Anda untuk menyembunyikan user dalam Lingkaran mereka. Pengaturan dilakukan melalui antarmuka drag-and-drop. Sistem ini menggantikan fungsi daftar teman yang biasa digunakan oleh situs-situs sosial, seperti Facebook.

Fungsi lain dari Google+ Circle adalah untuk mengontrol konten Streaming* seseorang. Seorang pengguna bisa mengklik pada lingkaran di sisi kiri halaman dan bagian Streaming akan berisi posting yang hanya dimiliki oleh pengguna dalam lingkaran itu.

Secara default Circle terdiri dari kelompok Friends, Family, Acquaintances, and Following, dan dapat Anda rubah nama tersebut sesuai keinginan. Kelompok "Following" digambarkan sebagai "Orang yang tidak Anda kenal secara pribadi, tetapi Anda menemukan posting yang menarik darinya"

3. Komunitas (Community)
Di fitur Komunitas (Google+ Communities) Anda dapat memulai percakapan yang sedang berlangsung tentang topik tertentu, sharing info dengan teman-teman yang memiliki hobi dan minat yang sama, atau juga sekedar berbagi update artikel.

Kumpul bareng
Untuk keluarga, klub buku, atau orang-orang di seluruh dunia yang memiliki minat yang sama dengan Anda, komunitas memberi suasana rumah pada setiap grup Anda.

Nikmati percakapan yang bermakna
Poskan foto dan video yang indah, rencanakan acara, atau bahkan adakan diskusi langsung sambil bertatap muka di hangout. Dan tetap terhubung saat dalam perjalanan melalui aplikasi seluler Google+.

Jelajahi minat Anda
Dari hobi kuliner, grup sukarelawan, sampai fanatik bola, komunitas membantu Anda menemukan orang yang minatnya sama dengan Anda. Berbagi berita, ide, dan semangat dengan orang yang tepat, atau bertemu dengan orang-orang baru dengan bergabung ke komunitas publik.

4. Hang Out
Hangout adalah tempat yang digunakan untuk memfasilitasi obrolan video (dengan maksimal 10 orang berpartisipasi dalam Hangout tunggal pada setiap waktu bersamaan). Hanya pengguna Google+ dapat bergabung dengan" Hangout ". Google menambahkan tambahan fitur baru untuk "Hangouts", tombol Share di bawah setiap video YouTube untuk menonton video dengan teman-teman di tempat nongkrong Google+

Dengan fitur Hangout Anda bisa melakukan hal berikut:

  • Ngobrol sambil bertatap muka di mana pun Anda berada
  • Ngumpul bersama seluruh anggota keluarga -- baik menggunakan perangkat komputer, ponsel, atau tablet.
  • Selenggarakan rapat virtual
  • Meningkatkan produktivitas tim Anda dengan rapat yang memuat hingga 10 orang dan alat canggih seperti berbagi layar dan Google Documents.
  • Siarkan percakapan Anda ke seluruh dunia
  • Apakah Anda seorang seniman pendatang baru, selebriti dunia, atau warga yang berprihatin, Anda dapat melakukan siaran di hadapan pemirsa global diseluruh dunia.
5. Google Page

Laman Google+ memberikan identitas publik dan eksistensi di Google+ terhadap bisnis, produk, merek, dan organisasi. Hal ini memungkinkan entitas yang bukan individu (seperti organisasi, perusahaan, dan publikasi) untuk mengatur profil, atau halaman untuk diperkenaklan kepada user. Hal ini mirip dengan fitur Facebook yang bernama Facebook Page.

Laman dibuat berdasarkan salah satu dari lima kategori berikut:
  • Produk atau Merek
  • Perusahaan, Lembaga, atau Organisasi
  • Bisnis Lokal atau Tempat
  • Seni, Hiburan, atau Olahraga
  • Lainnya
Kesemua fitur yang ada di Google Plus tersebut, bisa kita memanfaatkan untuk menunjang bisnis yang kita jalankan. Setelah mengetahui potensi Google Plus yang sangat besar, lalu bagaimana memulai memanfaatkan google plus untuk bisnis?

Panduan Memaksimalkan Google Plus.
Bagaimana memulai memanfaatkan google plus untuk bisnis? Banyak sekali panduan yang sudah ada dan di share oleh para pengguna Google Plus. Bagi kita yang baru mengenal Google Plus dan akan menggunakan untuk bisnis, tentu akan sangat lama jika kita harus mencari dan mengulik sendiri panduan google plus untuk bisnis. Nah, baiknya bagi kita yang belakangan tahu kelebihan google plus adalah tinggal mengikuti panduan yang sudah ada. Ada seorang teman saya mas A. Chotim AR yang menulis sebuah ebook Panduan Google Plus "MGP+ PREMIUM - Panduan "Laris Jualan Di Google Plus"

Di dalam ebook MGP+ PREMIUM - Panduan "Laris Jualan Di Google Plus" kita diajari bagaimana membuat akun Google Plus yang responsif sampai dengan cara mencari follower yang tertarget.

Berikut ini salah satu cuplikan ebook Panduan Google Plus "MGP+ PREMIUM - Panduan "Laris Jualan Di Google Plus"

Nah, penyakitnya bagi kita kadang kita males kalo harus mengelola secara manual akun-akun G+ yang kita miliki. Bagi temen-temen yang pengen mengotomatisasi dalam mengelola akun Google Plus, ada lagi nih yang juga membuat sebuah tool untuk memudahkan kita. Namanya MasterJiplus. 


Tool ini memudahkan kita untuk mencari konten yang viral dan mencari pengguna G+ yang aktif untuk kita tambahkan sebagai teman. 
 MasterJiplus
Demo salah satu fitur MasterJiplus 
1. Cara Paling Mudah Menscrape Orang Aktif Di Jiples


Bayangkan, jika kita bisa mengambil data pengguna G+, misalnya nomor HPnya. Kita bisa melakukan promosi kepada mereka memanfaatkan SMS Marketing. Sementara saat ini hampir semua orang punya HP dan terkoneksi dengan internet. Dan, open rate SMS masih sangat tinggi bisa mencapai 99% dibanding notifikasi lain, BBM misalnya.
2. Fitur Menu CONVERTER Master Jipes
Semua kemudahan sudah ada di depan mata. Manfaatkan yang ada itu untuk memaksimalkan bisnis kita.

2 Responses to "Cara Mengoptimalkan Google Plus (G+) untuk Bisnis"

  1. Wah kalau aku gak ada yg fokus tak dadekno lahan golek duik. Blog pun isine amburadul sak karepklu. Demikian juga dengan instagram, twitter, facebook. Cuman g plus tok sing nganggur hahaha

    BalasHapus
  2. mantep nih bisa untuk jualan juga ya G plus, keren juga tuh tools master jplusnya (y)

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan berkomentar dengan bijak. Komentar tanpa nama dan tidak bisa dilacak balik atau ada link aktif saya anggap spam