Latest News
Paket Program Hamil

Anak-anak dan So Good CERDIK, Cara Baru Bercerita yang Menyenangkan Anak

Hmmm… kira-kira sudah berapa abad ya blog ini tidak update. Ha..ha.. bahkan tempo hari sempat lupa perpanjangan domain. Nggak update blog bukan karena sibuk sih. Karena nyatanya saya mengerjakan beberapa blog dan web yang menjadi sarana mencari sesuap nasi dan sebongkag berlian. Halahh..

Betewey anywey, karena lama ndak berbagi cerita, tentu banyak hal yang terjadi yang bisa saya bagikan ke temen-temen semua. Keadaan perkembangan politik tanah air yang hmmm. Utang luar negeri yang semakin bengkak dan lain-lain. Saya ndak mau bahas itu. Kita bahas yang ringan-ringan saja. Meskipun kita tetap harus tahu perkembangannya.

Oke. Ceritanya saya kemarin ada masalah dengan anak yang susah makan. You know lah yaa, namanya anak-anak. Eh, kamu udah punya anak belum sih? :p
Bagi yang udah punya anak tentu tau lah yaa bagaimana kondisi mood anak. Kadang bisa makan lahap dengan lauk dan sayur sedanya. Tapi terkadang dengan lauk yang sekiranya mereka suka juga nggak mau makan. Maunya makan mi instan.

Oya, anak saya ada 3 cewek semua. Anak pertama usia 9 tahun, sudah kelas 4 SD. Anak ke-2 usia 7 tahun kelasa 2 SD. Anak yang paling bontot usia 4 tahun, masih PAUD ikut Uminya.
Kembali ke masalah anak susah makan tadi yaa. Di jaman penuh gugel ini, semuanya pasti nyari referensi ke sana kan yaa.

Baca-baca hasil browsing, nemu beberapa tips untuk mengantasi anak susah makan. Dari beberapa tips yang saya baca, saya menarik benang merahnya. Bahwa untuk mengatasi anak yang susah makan salah satunya adalah dengan cara membuat variasi makanan.
Variasi makanan bukan hanya pada gonta-gantinya menu setiap hari, tetapi makanan camilan bisa berupa buah, sayur dan lain-lain.

Untuk menu, sesekali boleh lah mencoba yang tidak biasa dimakan dirumah. Untuk memilih variasi menu ini sekarang sudah bukan hal yang sulit. Kita tinggal keluar sebentar bisa mendapat bahan makanan yang beraneka ragam. Kalo mau agak jauh bisa ke pasar (note: rumah saya agak jauh dari pasar). Dari bahan makanan yang segar atau yang sudah hampir” siap saji. Maksudnya, kita harus memasang sebentar. Semacam frozen food yang saat ini banyak penjualnya. Salah satu frozen food yang anak-anak suka adalah nugget. Frosen food ini adalah bahan makanan yang praktis dalam penyiapannya.

Kebetulan lagi keluar, saya inget kalo anak-anak suka makan nugget. Mampirlah saya ke swalayan yang pake mart-mart itu. Lihat-lihat di freezer ada yang aneh dalam kemasan Nugget So Good. Karena penasaran, ambil satu lalu bayar di kasir.

Pasa sampe di rumah, anak-anak pada ribut. Nanyain bawa jajanan apa. Langsung dah tas plastik bertulis mart itu direbut anak-anak. Lalu dibuka beramai-ramai sama anak-anak. Dan siapa lagi kalo bukan Uminya yang jadi sasaran permintaan anak-anak untuk segera menggoreng nugget So Good itu.

Sambil menunggu Uminya menggoreng nugget, anak-anak yang penasaran sama hadiah yang didapat dari dalam kemasan Nugget So Good itu, ribut.
Bi, ini mainnya gimana?” tentu dalam bahasa keseharian saya, Boso Jowo.
Saya juga nggak ngeh cara mainnya gimana, hanya bisa membolak-balik kartu bergambar itu. Ternyata di belakang kartu ada petunjuk cara memainkannya. Kemudian saya ambil hape android dan buka play store. Cari-cari di situ So Good Cerdik. Ketika ketemu, terkejutlah saya karena aplikasi yang besarnya 141 MB itu.

Setelah selesai install langsung dah HP berpindah tangan dari saya ke anak-anak.
Jadi dari kemasan Nugget So Good bertanda sticker bertulis CERDIK Berhadiah itu kita akan mendapat sebuah kartu cerita. Namanya So Good CERDIK. CERDIK sendiri berupa akronim dari Cerita Digital Interaktif. Kartu So Good CERDIK sendiri berupa kartu cerita digital augmented realty.
Ceritanya ada beberapa seri yang masing-masing seri ada 2 bagian.

Kebetulan kemarin dari kemasan Nugget So Good yang saya beli dapat cerita Lala dan Sing-sing. Lala, kurcaci perempuan yang suka nyanyi. Pada suatu hari dia bertemu dengan makhluk luar angkasa yang jatuh dari pesawat luar angkasa. Makhluk luar angkasa itu tidak bisa berbicara hanya bisa berucap Sing-sing. Maka Lala menamainya Sing-sing. Sing-sing mempunyai kekuatan untuk bisa berubah bentuk. Lala mengajak Sing-sing piknik di tepi sungai. 

Pada saat piknik Lala dan Sing-sing melihat ada seseorang yang jatuh ke sungai yang berteriak minta tolong. Ternyata yang terjatuh itu adalah Gege, kurcaci teman Lala. Lala berusaha menolong Gege, tetapi malah ikut terjatuh ke sungai. Akhirnya Sing-sing berubah menjadi perahu dan berhasil menyelamatkan Lala dan Gege. Setelah selamat, Lala, Gege dan Singsing menikmati bekal yang dibawa Lala.

Menarik bagi anak-anak. Sambil menikmati makannya dengan lauk Nugget So Good, anak-anak bisa bermain dan mendengarkan cerita yang mengandung nilai kebaikan.

Nugget So Good ada yang berbentuk karekter binatang dan juga huruf. Selain enak juga bisa sebagai media belajar sambil makan. Selain itu juga praktis, bisa dijadikan bekal makanan sehat ke sekolah.

Selain cerita, dalam aplikasi So Good CERDIK ada juga beberapa menu yang bisa dicoba di rumah untuk variasi menu makan anak-anak.

0 Response to "Anak-anak dan So Good CERDIK, Cara Baru Bercerita yang Menyenangkan Anak"

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan berkomentar dengan bijak. Komentar tanpa nama dan tidak bisa dilacak balik atau ada link aktif saya anggap spam